DENGAN SEMANGAT HARI PAHLAWAN
 " LAWAN NARKOBA DENGAN BERPRESTASI "

Rabu, 07 Desember 2011

SUKSES DENGAN INDERA KEENAM

SUKSES DENGAN INDERA KEENAM

Sukses Dengan Indera Keenam
Kata Pengantar
Sejak kecil kita tahu bahwa manusia memiliki lima indera dasar yaitu : penglihatan, pendengaran, peraba, pembau dan pengecap. Lalu dimanakah letak indera ke enam? Dari berbagai pengalaman indera keenam muncul setelah kita bisa memaksimalkan fungsi kelima indera kita. Dalam istilah ilmiahnya Indera Keenam disebut dengan Extra Sensory Perception (ESP) yang diilustrasikan dengan menajamnya kelima indera sehingga kita bisa merasakan kehadiran “saudara-saudara” kita yang berada di dimensi lain ataupun melihat kejadia-kejadian yang akan datang.

Disekitar kita banyak orang yang memiliki kelebihan ini, seperti paranormal, peramal, dukun dsb seperti yang kita saksikan dalam iklan-iklan di televisi, surat kabar atau banyak dimedia lainnya. Disini pembaca dianggap belum sama sekali mengenal apa itu ESP / indera keenam. Coba anda ingat-ingat kembali kapan terakhir kali kita mengalami fenomena yang berkaitan dengan ESP. Misalnya, pernahkah kita mengunjungi tempat yang baru tapi kita merasakannya tempat itu seperti tidak asing bagi kita ? atau ketika kita bertemu dengan orang baru tapi kita merasakannya orang tersebut sepertinya tidak asing lagi? atau ketika kita memikirkan seseorang tiba-tiba orang tersebut menelpon duluan kepada kita? atau ketika kita mau berangkat ke kantor tapi kita merasa ragu-ragu atau ada perasaan was-was atau seperti berat untuk berangkat ternyata sampai dikantor kita dimarahi oleh bos atau ada kejadian yang tidak enak lainnya? itu yang disebut dengan ESP.
Buku ini tidak akan menjadikan anda seorang paranormal atau sejenisnya notabene lengkap dengan tirakat-tirakat yang sangat berat untuk dapat menguasai Indera Keenam/ESP, buku ini akan menuntun anda menggunakan potensi ESP yang yang anda miliki dengan benar untuk memperoleh kekayaan lebih cepat. Buku ini adalah rahasia menggunakan indera keenam anda TANPA TIRAKAT ALIAS LANGSUNG BISA. INI YANG MEMBEDAKAN DENGAN BUKU LAIN !!!

Pendahuluan
Setiap orang pasti ingin setiap impian dan cita-citanya tercapai. Setiap orang bermimpi untuk kaya, sukses, punya kekuasaan, memperoleh cinta dsb. Ketika mimpi kita jadi kenyataan, kesussesan kita tidak datang tanpa tidak disengaja. Kesuksesan tersebut datang karena anda memimpikanya terlebih dahulu. Jadi darimana datangnya kesuksesan itu kalau bukan dari mimpi/angan-angan anda dulu? alam yang berada di dimensi lain dari alam kita ini. Banyak orang-orang sukses karena mereka mengawalinya dengan bermimpi/berangan-angan.
Dahulu orang bermimpi pergi ke Bulan, orang bermimpi ingin terbang. Orang bermimpi bisa berbicara dengan orang yang berada di lain negara. Sekarang semua itu jadi kenyataan. Jadi jangan takut untuk bermimpi. Mulai sekarang bermimpilah tapi mimpi-mimpi yang positif. Mimpi tentang kejayaan, kesuksesan hidup!!
Mengapa ESP Bisa Memperkaya Hidup Anda ?
Setiap manusia yang lahir didunia ini telah dikaruniai ESP seperti halnya kelima indera lainnya. Selamilah seluruh pengalaman-pengalaman hidup anda melalui ESP, karena hal tersebut bisa membuat makna dan tujuan baru dalam hidup anda. Anda bisa gunakan ESP untuk memperoleh kekayaan, kesehatan, keselamatan, kekuasaan serta cinta. Karena dengan ESP anda akan mampu mengadakan perubahan yang pastinya akan mampu membawa anda pada pemahaman atas arti hidup. Dengan kekuatan imajinasi orang mampu menciptakan hal-hal yang jauh diluar nalar sebelumnya. Karena secara otomatis dan sudah menjadi kodrat Tuhan. ESP akan menuntun setiap orang yang mempunyai “mimpi-mimpi yang kuat” untuk mewujudkan mimpi-mimpiny itu. Asalkan anda benar-benar mempunyai keinginan yang besar untuk dapat menggapai mimpi tersebut dan jangan abaikan ESP anda. Misalkan, seorang pemulung yang bermimpi ingin suatu saat nanti ia ingin jadi bosnya pemulung (pengusaha barang bekas), seorang sales kacamata yang bermimpi suatu saat nanti ia akan menjadi pengusaha kecamata yang sukses dan bisa buka cabang Optik dimana-mana, atau mimpinya seorang sales kecil yang sekarang sudah mempunyai Swalayan dan disetiap propinsi ada cabangnya. Bagaimana dengan anda? Sudahkah anda punya impian yang besar seperti orang-orang tersebut?
Dalam agama tertentu ada yang mengatakan bahwa manusia hidup di dunia ini tidak sendirian melainkan sudah dikasih “pendamping” yang akan menuntun manusia tersebut kepada kebenaran. Dalam QS Al Anbiya 89 “ Ya Tuhanku, janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah waris yang paling baik” ayat tersebut mengandung bahwa kita hidup tidak sendirian melainkan ada “pendamping”. Pendamping disini bukan pendamping istri atau suami melainkan “malaikat”.
Dalam agama yang lainnya lagi ada dikatakan seorang nabi mengatakan dengan tegas “Dia akan menurunkan malaikat-malaikatnya untuk bersama denganmu, menjagamu disetiap langkahmu, mereka akan membawamu dalam tanganya, dan tidak akan membiarkan engkau jatuh”.
Jadi ESP bukan hanya khayalan palsu atau impian palsu yang berbau mistik ini adalah HUKUM UNIVERSAL yang nantinya akan sangat berguna dan bermanfaat untuk anda.
Mengapa buku ini sangat hebat ?
Buku ini bukan menjadikan anda seorang yang ahli tirakat, buku ini juga tidak akan menjadikan anda berpikir secara ilmiah. Buku ini adalah alat bagi anda untuk menjadikan anda kaya DALAM WAKTU SINGKAT TANPA TUMBAL !!
MANFAAT YANG BISA DIPEROLEH DALAM BUKU INI :
1. MEMUDAHKAN ANDA MEMPEROLEH KEKAYAAN DENGAN MENGGUNAKAN ESP DENGAN BENAR
2. TANPA TIRAKAT, PUASA dsb
3. BISA UNTUK SEMUA AGAMA
4. LANGSUNG BISA DIPRAKTEKAN
5. SANGAT MUDAH
6. UNTUK SEMUA UMUR
7. MENJADIKAN ANDA LEBIH KAYA DARI SEBELUMNYA
8. CARA CERDAS MENJADI LEBIH KAYA DARI KEMARIN
9. BISA DIWARISKAN KE ANAK CUCU
10. ILMU ADALAH INVESTASI SEUMUR HIDUP
Menggunakan ESP untuk Memperoleh Kekayaan
Apakah uang itu? Bagi sebagian besar orang uang hanya sekedar lempengan logam atau mungkin tinta yang dicetak pada selembar kertas. Kita tidak akan peduli dengan uang orang lain. Atau ketika kita membicarakan uang orang lain. Nah sekarang ketika anda melihat saldo di rekening anda berubah dari Rp 0,- menjadi Rp 100.000.000,- atau Rp 1.000.000.000,- bagaimana perasaan anda? Tentunya anda akan sangat gembira.
Anda butuh sebuah DORONGAN yang sangat kuat untuk mencapai nominal tersebut. Anda harus yakin anda pasti bisa mencapainya!! Berkonsentrasilah dalam mencapai nominal tersebut.
Contoh lain, seorang penjual snack kelilingan yakin bahwa produknya akan bisa bermanfaat bagi orang lain. Maka dia mencoba untuk mengiklankan di surat kabar dengan biaya Rp 75.000,- karena dia yakin bisa lebih sukses. Dia ingin lebih sukses lagi meskipun sudah banyak pesanan via telepon. Dia yakin akan lebih sukses lagi dengan memperluas pasarannya dengan beriklan di surat kabar tingkat propinsi dengan tarif iklan yang lebih mahal yaitu Rp 100.000,- . Setelah pesanan sudah semakin banyak dan banyak dia ingin lebih sukses lagi dengan beriklan di surat kabar nasional dengan tarif yang lebih mahal tapi dengan tingkat kesuksesan yang lebih tinggi lagi sampai dia bisa mendirikan sebuah pabrik beserta cabangnya. Sekarang dia juga beriklan di banyak TV swasta di Indonesia. Contoh tersebut merupakan kejadian nyata yang banyak terjadi disekeliling kita. Tapi kita terkadang kurang menyadarinya. Dan masih banyak contoh lainnya.
Alasan apapun tentang kegagalan akan muncul karena anda kurang ada KEYAKINAN pada gagasan yang sudah ada. Karena orang butuh DORONGAN extra dari dalam dirinya. Dorongan ini merupakan kunci suksesnya. Karena anda sekarang sebenarnya berada di ambang kesuksesan dan butuh dorongan extra untuk bisa maju dan masuk pada zona kesuksesan. Dan bukan hanya bermimpi-mimpi saja. Ayo melangkah lebih maju dari orang lain !!!
Nah, darimana dorongan extra tersebut datang kalau bukan dari diri kita khususnya dari “saudara’ kita yang berada di dimensi lain. Disaat kita berdoa dengan sangat ‘khusyuk’ atau khidmat atau bersungguh-sungguh maka ada kekuatan luar biasa yang seolah menuntun kita kepada apa yang kita panjatkan dalam doa tadi. Mulai sekarang berdoalah dengan sungguh-sungguh dan dengan konsentrasi penuh kepada Tuhan yang Maha Esa.
Lalu Bagaimana Agar Alam Semesta Mau Memberikan Kekayaan pada Anda?
Pada saat kita berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa secara otomatis akan menggerakkan ‘pendamping’ spiritual kita untuk turut membantu mewujudkan doa-doa kita. Meskipun kita semua tahu bahwa Tuhanlah yang menentukan segalanya. Tapi perlu diingat disini, bahwa ‘pendamping’ kita juga memegang peranan penting dalam terwujudnya harapan dan cita-cita kita.
Perlu anda ketahui bahwa ‘pendamping’ spiritual anda sangat tertarik untuk menyelamatkan/menolong anda. ‘pendamping’ spiritual disini merupakan perwujudan kekuatan Alam Semesta yaitu kekuatan Tuhan.
Banyak orang menganggap rendah uang, karena orang yang cinta uang identik dengan kejahatan, dosa, uang adalah pangkal kejahatan, banyak uang tambah sengsara, banyak uang cenderung akan melakukan dosa. STOP JANGAN DITERUSKAN!!! Kepercayaan seperti akan membuat ‘pendamping’ spiritual kita akan menganggap demikian dan AKAN MENOLONG ANDA DENGAN MENJAUHKAN DARI ‘KEBANYAKAN’ UANG KARENA ANDA SENDIRI YANG MENGANGGAP UANG SEBAGAI SUATU ANCAMAN!! Wal hasil hidup anda akan seperti itu-itu saja tidak ada perubahan.
Tapi jika anda menganggap positif kecintaan terhadap uang karena dengan kita banyak uang kita bisa lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan. Dengan banyak uang kita bisa mencukupi semua kebutuhan keluarga, dengan banyak uang kita bisa menolong sesama/beramal. Dengan banyak uang kita bisa menginvestasikan untuk masa depan yang lebih cerah. Dengan begitu ‘pendamping’ spiritual anda akan menganggap UANG BISA MENDATANGKAN BANYAK MANFAAT POSITIF UNTUK ANDA maka ‘pendamping’ spiritual anda AKAN MENOLONG ANDA DENGAN MENDEKATKAN ANDA PADA UANG ATAU MEMBUAT ANDA KEBANJIRAN UANG.
Karena pada dasarnya pendamping spiritual kita bekerja seperti orang tua yang mau membiayai sekolahnya sampai ke perguruan tinggi, karena orang tua yakin dengan sekolah si anak bisa mendapatkan manfaat yang positif kelak.
Sama halnya dengan ‘pendamping’ spiritual kita disini, kalau kita menganggap dengan banyak uang kita bisa mendapatkan manfaat yang positif bagi kita maka ‘pendamping’ spiritual kita akan berusaha mendekatkan kita pada uang.
Tunjukanlah pada ‘pendamping’ spiritual anda bahwa uang memang sangat berguna untuk meningkatkan ibadah kita kepada Tuhan. Misalnya, seorang sales permen yang pengasilannya Rp 200.000,-/bulan dengan menanggung seorang istri dan tiga anaknya yang masih kecil. Pada umumnya orang dengan kondisi seperti ini akan merasa hidupnya terhimpit beban yang sangat berat. Tapi dia malah bisa jadi orang kaya raya sekarang karena dengan mengubah minatnya terhadap uang. Dia mencari uang bukan Cuma untuk menghidupi anak istri tapi dia mencari uang untuk bisa meningkatkan ibadahnya kepada Tuhan. Dengan begitu dia akan terus dan terus mencari uang meskipun anak istrinya telah tercukupi.
Rasianya terletak pada cara dia berdoa yaitu, Kita tetap berdoa pada tuhan kita masing-masing, tetapi dalam berdoa kita seperti sedang ‘curhat’ dengan teman kita. Pilihlah tempat yang sunyi dan gelap supaya tidak terganggu. INGAT SETIAP DOA YANG SUNGGUH-SUNGGUH TUHAN AKAN MENGIRIMKAN MALAIKATNYA UNTUK MENOLONG KITA MESKIPUN KITA SEORANG PENJAHAT SEKALIPUN. Dia berdoa dengan cara seperti ini: “wahai Tuhanku (boleh diganti sesuai agama masing-masing) yang maha pemurah. Sepeti engkau ketahui aku sekarang sedang dalam kesulitan ekonomi, aku ingin kau membantuku membantuku mendapatka lebih banyak uang, aku ingin makin hari aku makin kaya, sehingga aku bisa meningkatkan ibadahku padaMu tanpa kepikiran kekurangan uang. Terima kasih Tuhanku.”
Disini kita harus bisa membayangkan Tuhan sangat dekat dengan kita. Atau anda bisa bayangkan Tuhan sedang berada di hadapan anda. Dalam suasana yang gelap dan sepi anda bisa merasakan kehadiran Tuhan di hadapan anda, rasakan ketika bulu kuduk anda merinding. Bertanda anda bisa merasakan kehadiran Tuhan. Ingat jagalah sopan santun anda saat bicara dengannya karena Dialah yang menciptakan anda!!
Dan setelah ia berdoa dia mulai mencari gagsan-gagasan baru dalam pekerjaanya itu, ide-ide yang disampaikan kepada bosnya membuat dia mendapat posisi penting dan dengan bayaran yang lebih tentunya. Pekerjaanya ia anggap sebagai ibadah yang setiap hari harus lebih baik disamping untuk menafkahi keluarganya.
Itulah tadi sedikit ilustrasi bagaimana ‘pendamping’ spiritual kita membantu anda dalam menyelesaikan persoalan hidup.
Bagaimana Supaya Kekayaan Mengalir Pada Anda?
Secara Universal Tuhan itu Maha Kaya, Dia memberikan udaranya GRATIS kepada kita semua juga lautan beserta isinya untuk kita kelola. Lautan maupun udara semua bergerak mengalir seperti halnya kekayaan juga bisa mengalir. Anda bisa membentuk arus kekayaan di alam semesta ini supaya mengalir kearah anda.
Kuncinya yaitu kita jangan anggap anda miskin, anda bukanlah orang miskin tapi anda adalah orang yang sedang menuju ke arah kesuksesan. Pikiran negatif seperti ; saya tidak mampu, saya masing menganggur, saya miskin, pengasilan saya pas-pasan, saya tidak mampu dsb. Pikiran tersebut akan menghalangi anda untuk maju dan selalu terpuruk!!
BUANG JAUH-JAUH!!. Mulai detik ini ANDA ADALAH ORANG YANG SEDANG BERKEMBANG, ANDA ADALAH ORANG YANG DALAM PROSES JADI KAYA!!
Setelah anda bisa berpikir positif, sekarang saatnya memperkuat arus kekayaan kepada anda. Sisihkan uang anda Rp 1000,- untuk beramal di tempat ibadah. Anda harus melakukannya secara KONTINYU dan anggaplah itu sebagai kewajiban anda selain menafkahi anak istri. Jadikan ini kebiasaan. Rasakan setelah anda BERAMAL anda akan merasakan perasaan yang indah. Aliran kekayaan datang dari Tuhan.
Kalau kita berpikir SAYA MISKIN maka yang terjadi adalah seluruh kekuatan di alam semesta ini akan mengerahkan seluruh kekuatannya untuk menjadikan ANDA MISKIN DAN TAMBAH MISKIN.
Kalau anda berpikir SAYA TIDAK MAMPU maka yang terjadi adalah seluruh kekuatan di alam semesta ini akan mengerahkan seluruh kekuatannya untuk menjadikan ANDA BENAR-BENAR TIDAK MAMPU.
MENAKUTKAN?? MEMANG !! JADI BERHATI-HATILAH BERPIKIR TENTANG DIRI ANDA !!
KUN FA YAKUN (APA YANG DIUCAP, MAKA TERJADILAH) ADALAH HUKUM ALAM SEMESTA !!!
Jadi mulai sekarang berpikirlah positif untuk diri anda dan segala permasalah yang ada di depan anda. Misalkan, Saya yakin saya bisa membayar tagihan listrik bulan ini, saya yakin saya bisa kaya, saya yakin saya sedang dalam proses menuju kemuliaan hidup, SAYA BISA MELAKUKAN APAPUN, SAYA ORANG YANG SERBA BISA, BISA, BISA DAN BISA !! KALAU DIA BISA SAYA LEBIH BISA !! KALAU DIA BISA KAYA SAYA LEBIH BISA KAYA !!
Rahasia manusia terletak pada PIKIRANNYA. Manusia dikaruniai pikiran supaya manusia berpikir yang positif, sehingga hidupnya selalu memperoleh kemudahan-kemudahan.
Contoh nyata lagi, ketika Agus pikirannya kacau karena sampai saat ini dia belum juga dapat pekerjaan sementara istrinya sedang hamil. Seorang teman menasehatinya seperti yang ditulis dalam buku ini, kita harus selalu berpikir positif! Kamu pasti bisa menghidupi keluargamu! Lalu dia bertanya dalam hati “gimana ya caranya saya bisa dapat duit yang halal? Pasti ada cara, pasti ada jalan ! saya harus bisa karena saya ingin keluarga saya bahagia!!” kemudia disaat sedang tiduran, dia teringat temannya yang dulu pernah menawarinya bergabung dalam bisnis MLM. Nah, disini hasil dari pikiran positifnya bisa memunculkan solusi dan semangat baru bagi Agus secara tidak dia sadari, Seperti ada yang menuntun serta memberi dorongan yang sangat besar, dia sangat yakin dia bisa sukses di bisnis ini !! Kemudian dia jalani terus bisnis ini, setiap ada halangan/permasalahn selalu dia tanggapi dengan positif ‘saya pasti bisa mengatasinya, entah gimana caranya nanti, tidak ada masalah yang tak bisa diselesaikan’. Sikap dan pikiran positif ini membuatnya dalam waktu tiga bulan dia bisa jadi bintang di bisnis tersebut, prestasinya terus menanjak karena selalu berpikir positif terhadap suatu hal.
Jadi kekuatan alam semesta ini bergerak sesuai apa yang kita pikirkan!! Jadi hati-hatilah berpikir mulai sekarang. Berpikirlah yang baik-baik saja alias positif thinking. Anda bisa tirukan cara-cara orang-orang yang telah sukses, ucapkan setiap kali sebelum tidur dan bangun tidur dengan tegas dan yakin,“saya pasti bisa lebih kaya dari sekarang’ ucapkan 5x . Rasakan perubahan-perubahan yang positif dari hidup anda,karir anda, jabatan anda akan mengalami peningkatan!!
Bagi yang masih menganggur jangan putus asa. Suruhlah pikiran anda untuk berpikir kreatif. “saya adalah orang yang kreatif, saya pasti bisa dapatkan uang, saya pasti bisa dapatkan pekerjaan yang layak, saya pasti bisa kaya !!”. dimanapun anda berada kapanpun anda harus berpikir positif. JANGAN SAMPAI KEKURANGAN UANG MEMBUAT ANDA TERTEKAN, HEY DUNIA BELUM KIAMAT BUNG !!! BERPIKIRLAH POSITIF, ANDA HARUS YAKIN ANDA PASTI BISA !!! Dengan berpikir positif jiwa kita akan menemukan solusinya dengan AJAIB seperti sebuah sungai yang menemukan muaranya !!!
Perlu diingat disini ‘pendamping’ spiritual sama saja dengan kekuatan alam semesta yang besar ini. Kekuatan yang tak berbentuk, PIKIRAN ANDA SENDIRILAH YANG MEMBENTUK KEKUATAN BESAR ITU!! Maka saya tekankan lagi disini, SELALU BERPIKIRLAH POSITIF APAPUN BAGAIMANAPUN KONDISI ANDA SAAT INI !!! Karena apapun yang anda pikirkan akan terjadi pada diri anda.
Berikanlah ESP Anda Kesempatan Untuk Membuat Anda Kaya
Saat anda menghadapi suatu permasalahan, tulislah permasalah-permasalahan anda pada sebuah kertas ukuran A4 lalu bacalah dengan keras permasalahan yang anda tulis tadi. Selanjutnya katakan berulang-ulang “ Saya bisa selesaikan masalah ini, saya pasti bisa”. Ssudah itu lakukan aktifitas anda seperti biasanya. Anda tidak perlu mengkuatirkan jawaban atas permasalahan anda akan datang kapan, jawaban biasanya akan datang disaat yang tidak terduga. Kekayaan anda bisa datang dari gagasan baru dari seorang teman atau bahkan ucapan seorang anak kecil. Cobalah lebih peka terhadap isyarat-isyarat ESP anda. Langsung lakukanlah saat jiwa anda MEMBERI ANDA DORONGAN, saat jiwa anda memberikan jawaban atas permasalahan anda. Sebuah gagsan terbaikpun takkan ada artinya jika tidak diterapkan di alam nyata.
Kembangkanlah gagasan itu guna menyelesaikan permasalahan dalam hidup anda. Jangan membuang gagasan yang diberikan oleh ESP anda hanya karena gagasan tersebut terlalu sederhana. Biasanya dari gagasan kecil akan melahirkan hal yang besar.
Sebenarnya apa yang kita pikirkan suatu saat keinginan tersebut akan ada dalam genggaman. Tinggal masalah waktu, kapan hal itu akan terjadi.
Yang akan saya bahas adalah, kenapa kita lebih sering memikirkan APA YANG TIDAK KITA INGINKAN?!? Lalu kita baru merasa heran mengapa hal yang tidak kita inginkan selalu terjadi. Misalnya kita selalu memikirkan/merenungkan masalah yang menimpa kita akibatnya kita akan mendapatkan lebih banyak lagi hal2 yang menyusahkan kita. Jika kita melihat sesuatu yang tidak kita inginkan, sebenarnya kita bukan menjauhkan diri dari hal tersebut tetapi sebaliknya kita sedang mengaktifkan setiap pemikiran tentang hal yang tidak kita inginkan.
Untuk itu sebaiknya janganlah memikirkan apa yang tidak kita inginkan tetapi fokuslah pada apa yang kita inginkan maka hal yang kita inginkan akan semakin cepat terjadi. Misalnya kita memikirkan suatu hal berulang2 atau membayangkan terus menerus dalam pikiran, maka kita telah memancarkan aura positif dari pikiran yang suatu saat akan terwujud.
Contoh kasus sederhana seperti ini, kita selalu mengeluh sakit maka kita akan merasakan sakit bukan sehat. Betul? Jadi semua yang terjadi pada diri kita bisa saja itu akibat dari pikiran yang secara sadar/tidak telah kita ciptakan. Pikiran positif jauh lebih hebat ribuan kali dari pikiran negatif.
Emosi membimbing perasaan dan perasaan dapat menentukan pikiran.
Mulailah hari yang baik dan kita dalam suasana perasaan yang gembira, sehingga banyak situasi, kondisi, orang2 sekitar yang mempertahankan perasaan gembira tadi.
Hal apa yang kita perhatikan dengan pikiran dan perasaan adalah hal yang kita “tarik” ke diri kita, tidak peduli apakah kita inginkan atau tidak.
Apapun keadaan kita saat ini, itu adalah sisa hasil dari pikiran dan tindakan kita di masa lalu. Jadi sangat penting, apa yang kita inginkan, apa yang kita rasakan dan apa yang kita pikirkan karena semua itu akan terwujud.
Mari fokus ke hal2 yang kita inginkan maka hal yang tidak kita inginkan akan menjauh. Dan bagian yang diinginkan semakin berkembang sehingga bagian yang tidak diinginkan akan menghilang.
POSITIF THINK !!
Setiap Pikiran Positifmu Adalah Cahaya Kebahagian Jiwamu. Pikiran Positif Menarik Semua Kebaikan Untuk Menjadi Penghuni Jiwamu. Orang - Orang Bijaksana Selalu Membangun Kualitas Dirinya Dengan Bantuan Pikiran Positif. Pikiran Positif Selalu Menjadi Magnet Untuk Menarik Semua Mimpi Anda Menjadi Nyata. Misi Utama Hidup Anda Adalah Menaklukkan Pikiran Negatif Dan Membangkitkan Pikiran Positif. Jika Anda Tidur Bersama Pikiran Positif, Anda Akan Mendapatkan Mimpi - Mimpi Yang Indah. Pikiran Positif Membentuk Diri Anda Menjadi Sesuatu Yang Luar Biasa. Pikiran Positif Pasti Menyelamatkan Anda Dari Jurang Kesulitan. Pikiran Positif Pasti Memancarkan Sinyal Kesuksesan Buat Diri Anda. Pikiran Positif Membuat Hidup Anda Dalam Kelimpahan. Pikiran Positif Memberi Tahu Anda Tentang Arah Menuju Pintu Sukses. Pikiran Positif Membuat Pikiran Anda Menjadi Indah Dan Nyaman. Pikiran Positif Mengundang Semua Kemakmuran Untuk Hidup Bersama Anda. Pikiran Positif Selalu Patuh Pada Kebijaksanaan Hidup Sukses. Pikiran Positif Pasti Mewujudkan Semua Hal Yang Anda Inginkan. Pikiran Positif Selalu Bersimpati Kepada Kemenangan Hidup Anda. Pikiran Positif Menciptakan Kegembiraan Abadi Dalam Hidup Anda. Pikiran Positif Membuat Anda Mengetahui Cara Menguasai Kekayaan Dunia. Pikiran Positif Menjadikan Kehidupan Anda Seterang Cahaya Matahari. Pikiran Positif Memberikan Energi Sukses Seribu Kali Lebih Kuat Dari Apapun. Pikiran Positif Menjadikan Anda Hidup Penuh Syukur Dalam Rasa Terima Kasih Yang Tinggi. Pikiran Positif Menghapus Semua Kesulitan Hidup Dari Ingatan Anda. Pikiran Positif Membuatkan Anda Sebuah Supermarket Yang Berisi Pilihan - Pilihan Hidup
Yang Anda Inginkan. Pikiran Positif Selalu Menjaga Anda Dari Kelalaian Hidup. Pikiran Positif Secara Terus - Menerus Menyuntikkan Semangat Dan Motivasi Sukses Buat Hidup Anda. Pikiran Positif Mengendalikan Semua Emosi Amarah Anda Secara Bijaksana. Pikiran Positif Membuat Perasaan Anda Bahagia Selalu. Pikiran Positif Menciptakan Masa Depan Yang Cerah Buat Anda. Pikiran Positif Menjaga Setiap Langkah Anda Untuk Menjalani Hidup Sehari - Hari Dengan Selamat. Pikiran Positif Selalu Membuat Anda Merasa Sehat Dan Kuat. Pikiran Positif Menjadi Sumber Cinta Kasih Buat Anda Dalam Mengarungi Samudra Kehidupan. Pikiran Positif Adalah Kunci Untuk Membuka Pintu Kemakmuran. Pikiran Positif Mengetahui Cara Efektif Untuk Membawa Anda Menuju Segala Macam Sukses.

KEBAHAGIAAN BISA DICIPTAKAN DENGAN PIKIRAN
Pikiran adalah pusat segala aktivitas. Dari pikiran bersumber segala ide dan kreatifitas. Dari pikiran, yang bisa membuat segalanya menjadi lebih bermakna. Dari pikiran ini pula kebahagiaan dan kesedihan berasal. Orang akan mengatakan bahwa dia bahagia jika pikirannya bahagia. Dan orang akan mengatakan sedih jika pikirannya sedang sedih. Sebagai contoh sederhana adalah seumpamanya suatu ketika jari telunjuk tangan Anda terluka oleh pisau. Berdarah. Anda pasti merasakan sakit yang luar biasa. “Aduh…perih” begitu reaksi pertama
Dari kejadian tergores itu Anda bisa merasakan menjadi dua bagian. Dengan cara pikiran sedih dan dengan cara pikiran bahagia. Dengan cara yang pertama adalah cara yang orang umum lakukan. Merasakan sakit dari sebuah musibah. Pikiran yang keluar adalah tangan halusnya berdarah…. sakit dan sial. Kenapa tangan ku tergores, uh…..kurang ajar. Sial !! Padahal mau digunakan untuk acara main gitar. Sehingga jadi ga tidak bisa” Begitulah segala alasan dan penyesalan menyertai yang ada. Satu kata yang menyertainya adalah penderitaan terus…. Namun disatu sisi Anda pun bisa melihat dengan sudut pandang yang berbeda. Dari sudut positif. Dari sudut bahwa tergores itu adalah sebuah pelajaran. Tidak memikirkan sakitnya. Dan memang tidak terlalu sakit. Masih untung hanya jari telunjuk, coba kalau semuanya tergores. Masih untung hanya satu, masih ada 9 jari tersisa yang sehat. Sehingga pikirannya mengatakan biasa aja dan enjoy aja. Jadi kebahagiaan bersumber pada pikiran yang kemudian menjadi sebuah kepercayaan. Dweck (2006) dalam bukunya ‘Change your Mindset Change your life” mengatakan bahwa kepercayaan dalam diri manusia sekalipun itu kecil dapat memiliki pengaruh yang sangat mendalam. Jika pikiran bahagia dan positif thingking dari segala kejadian maka akan berpengaruh pula pada hal yang terjadi di lingkungan. Demikian pula sebaliknya kalau pikiran mengatakan banyak musibah, maka akan merasakan seperti yang dipikirkannya.
Apakah Anda Siap Jadi Orang Kaya?
Anda pernah bertanya kepada diri Anda seperti itu, Apakah saya siap jadi orang kaya? Jika anda siap jadi orang kaya setidaknya anda harus :
1. Berpikir seperti milyuner. Orang Berbakat Kaya (OBK) selalu berpikir dan bertindak seperti milyuner.
2. Selalu berpikir produktif bukan konsumtif. OBK selalu berpikir tentang apa dapat dilakukan agar uang mereka dapat berlipat ganda.
3. Pandai mengelola arus kas. OBK mampu mengelola keseimbangan antara penghasilan dan pengeluaran (tidak besar pasak daripada tiang).
4. Mampu membedakan Asset dan Liabilitas. OBK selalu berpikir bagaimana agar asset mereka menghasilkan income.
5. Selalu membangun Intangible Asset. OBK pandai menjaga dan mengelola hubungan dengan relasi, teman, jaringan, menjaga kepercayaan, dll.
6. Bekerja dengan orientasi untuk belajar, bukan untuk uang. OBK bekerja untuk orang lain untuk belajar. Belajar memahami bisnis, bagaimana mengelola bisnis, dan bagaimana mengatur keuangan
7. Percaya diri. OBK percaya akan kemampuan yg dimilikinya untuk mendapatkan kekayaan.
8. Mengenali diri sendiri . OBK paham kelebihan, potensi, kemampuan, serta kelemahan mereka.
9. Memandang uang sebagai organisme. OBK selalu menanam uang di lahan yg terpilih, kemudian memeliharanya, dan disaat yang tepat memetik hasilnya.
10. Selalu merasa berlebih. OBK tidak mudah mengeluh, merasa miskin atau merasa kekurangan
11. Siap mental untuk menjadi kaya
12. Mampu Mengendalikan Diri. Orang Kaya selalu menampakan mimik yang standar, senyum yang bijak, dan menampakkan “semuanya berjalan dengan baik” walapun sebenarnya sebaliknya.
13. Take and Give. Orang Kaya memahami hokum semakin banyak memberi maka semakin banyak yang akan diterima
14. Berorientasi pada proses Orang Kaya lebih berorientasi pada proses daripada pada hasil.
15. Menjalankan prinsip “Time value of money”.
16. Receive More Do Less. Ini bukan berarti tidak mau melakukan apa-apa tapi Orang Kaya selalu berpikir bagaimana cara kerja yang efektif dan efisien dan menghasilkan lebih banyak.
17. Berpikir kreatif (lihat ini). Orang kaya selalu kreatif dalam hal-hal baru (Think out of the Box).
18. Open mind. OBK yakin bahwa tak ada sesuatu yang tak mungkin terjadi. Mereka selalu memiliki mimpi dan yakin mimpi mereka akan terwujud.
19. Waspada terhadap pujian. Orang kaya lebih terbuka menerima kritik dan waspada terhadap pujian karena bisa membuat seseorang terlena.
20. Terbuka terhadap kritik.
21. Mampu Menggunakan Sumber daya orang lain. Orang Kaya menggunakan waktu dan tenaga orang lain bahkan uang orang lain untuk memperkaya dirinya.
22. Continues Improvement. Orang Kaya selalu berpikir bagaimana kerja yang semakin efektif dan efisien..
23. Memahami Nilai guna yang tersembunyi. orang kaya memiliki sense yang tajam terhadap berbagai macam peluang bisnis.
24. Memikirkan hal terburuk, tetapi tidak takut karenanya. Orang kaya selalu mendahului pemikirannya dari hal yag terburuk.
25. Memiliki alasan kuat untuk setiap pengeluarannya
26. Menciptakan uang, bukan mencari uang. OBK selalu berpikir bagaimana menciptakan saluran pipa kekayaan.
27. Tahu persis bagaimana uangnya bekerja.
28. Fokus dan spesifik. Orang Kaya tidak mau kehilangan fokus pada wilayah dimana mereka memiliki kompetensi inti.
29. Percaya bahwa Uang dan Kekayaan hanyalah konsekuensi dari gagasan dan tindakan anda.
30. Cerdas. Baik secara financial maupun numerik
31. Mencari Daya ungkit (Leverage). OBK selalu berupaya untuk me-leverage kekayaan mereka.
32. Menghargai waktu. Menggunakan waktu mereka secara bijaksana.
33. Mampu menghitung “opprtunity cost”. muncul sebagai konsekuensi logis ketika kita mengambil suatu pilihan dan mengorbankan pilihan lain.
34. Berani gagal
35. Disiplin
33. Proporsional dalam mengambil resiko. Orang kaya selalu mengukur resiko dan keuntungan.
34. Memiliki kemampuan mengkoordinasi
35. Menghindari bekerja dengan penghasilan tetap
36. Menghindari utang budi
37. Ahli dalam mengkomunikasikan gagasan bisnis mereka
38. Berorientasi pada jangka panjang
39. Mewaspadai kebiasaan buruk
40. Suka terhadap perubahan
41. Berpikir dari berbagai sudut pandang
42. Respek terhadap orang-orang sukses
43. Berwatak simple dan praktis
44. menganggap krisis sebagai peluang
45. Mampu memahami kebutuhan orang lain merupakan salah satu kunci sukses bisnis
46. Percaya kekuatan pikiran
47. Memiliki Skala prioritas dalam pengeluaran
48. Mampu mengenali pola. Orang Kaya selalu berusaha memahami pola yang berlaku dan cara kerja segala sesuatu.
49. Berorientasi pada “value for money”
50. Mengerti kekuatan informasi
Sukses Dengan Indera Keenam
51. Selalu mengikui perkembangan terbaru
52. Mencatat segala transaksi keuangan
53. Mampu mengukur peluang dan probabilitas
Mental & Cara Berpikir orang Kaya
Pernahkah Anda bertanya pada diri sendiri atau orang lain “Kaya atau sukses itu sebenarnya takdir, keberuntungan, atau karena usaha (kerja keras)?”. Mungkin banyak lagi pertanyaan-pertanyaan lain yang sejenis di benak Anda. Trus apa hubungannya dengan tulisan ini? ternyata, dari pengalaman-pengalaman orang yang telah kaya atau sukses, dapat dipetik beberapa pelajaran agar kita menjadi kaya atau setidaknya memiliki mental orang kaya dan menghilangkan sedikit demi sedikit mental miskin kita.
Bagi sebagian orang, menjadi kaya atau sukses dikatakan sebagai pilihan hidup. Dalam hidup kita, sejak kita masih kecil selalu dihadapkan pada berbagai pilihan meskipun seringkali kita tidak sadar, misalnya memilih bermalas-malasan atau melakukan sesuatu, memilih jadi pekerja atau entrepreneur, memilih jadi penonton atau pemain, memilih jadi kaya atau miskin, memilih membaca atau menonton tv, dan berbagai pilihan yang lain dalam hidup kita. Sadar maupun tidak, pilihan-pilihan itulah nantinya yang menentukan bagaimana arah dan diri kita di masa depan.
Nah, tentu kita semua punya tujuan menjadi kaya atau sukses. Betul kan? Berikut beberapa hal mental, pola pikir, atau, cara bertindak orang kaya :
1. Orang Kaya selalu membuat NILAI TAMBAH (Added Value). Orang kaya selalu berpikir bagaimana membuat nilai tambah suatu produk, bagaimana membuat nilai tambah bagi dirinya sendiri, bagaimana dan bagaimana secara terus menerus.
2. Orang Kaya memiliki Faktor Kali. Orang kaya memikirkan bagaimana agar asset atau kekayaannya semakin bertambah, yaitu dengan menggunakan faktor kali (Leverage). Misal jika punya toko bagaimana caranya agar bertambah banyak cabang tokonya.
3. Orang kaya selalu Penuh Daya Upaya, Orang kaya tidak mudah menyerah. Mereka percaya akan visi dan mimpi mereka akan terwujud sehingga berani menghadapi segala
rintangan mencapai apa yang mereka impikan. Sedang orang miskin cenderung selalu mencari alasan bila menghadi sebuah rintangan.
4. Orang Kaya Bertanggung Jawab, Orang kaya selalu berani menanggung resiko atas segala apa yang mereka lakukan. Sedang orang miskin cenderung mencari kambing hitam atas kegagalan yang mereka lakukan.
5. Orang Kaya bermain dengan uang untuk Menang, sedang orang miskin bermain dengan uang untuk tidak kalah
6. Orang kaya memiliki Komitmen, Orang kaya memiliki komitmen yang kuat untuk menjadi kaya, sehingga memiliki arah yang jelas dan tindakan yang pantang menyerah. Sedang orang miskin hanya ingin menjadi kaya (tak ada komitmen).
7. Orang kaya berpikir Besar. Orang kaya selalu berpikir sesuatu yang besar dan bagaimana mewujudkannya.
8. Orang kaya berfokus pada kesempatan, sedang orang miskin berfokus pada hambatan.
9. Orang kaya memastikan orang lain Menang, baru dia Menang. Sedang orang miskin sebaliknya.
10. Orang kaya mengagumi orang kaya lainnya, sedang orang miskin Iri atau dengki orang kaya lainnya.
11. Orang kaya bergaul dengan orang sukses lainnya (positif) sedang orang miskin bergaul dengan orang tidak sukses lainnya.
12. Orang kaya selalu berpikir dan bertindak positif, sedang orang miskin sebaliknya.
13. Orang kaya memilih dibayar berdasarkan hasil sedang orang miskin memilih dibayar berdasarkan waktu.
14. Orang kaya berfokus pada Wealth style (massive dan passive income), sedang orang miskin berfokus pada lifestyle (gaya hidup).
Sukses Dengan Indera Keenam
15. Orang kaya membuat uang bekerja keras untuk mereka sedang orang miskin bekerja keras untuk uang.
16. Orang kaya bertindak melawan rasa takut mereka sedang orang miskin berhenti bertindak karena ketakutan mereka.
17. Orang kaya terus menerus belajar dan tumbuh, sedang orang miskin berpikir mereka sudah tahu.
Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan mental, cara berpikir, atau bertindak orang kaya. Bagaimana dengan kita? Anda sendiri yang lebih tahu jawabannya. Jadi, mari kita memilih jadi orang kaya.
Sukses Dengan Indera Keenam
Menjadi orang yg berpikir positif
Jerry adalah seorang manager restoran di Amerika. Dia selalu dalam semangat yang baik dan selalu punya hal positif untuk dikatakan. Jika seseorang bertanya kepadanya tentang apa yang sedang dia kerjakan, dia akan selalu menjawab, ” Jika aku dapat yang lebih baik, aku lebih suka menjadi orang kembar!”
Banyak pelayan di restorannya keluar jika Jerry pindah kerja, sehingga mereka dapat tetap mengikutinya dari satu restoran ke restoran yang lain. Alasan mengapa para pelayan restoran tersebut keluar mengikuti Jerry adalah karena sikapnya.
Jerry adalah seorang motivator alami. jika karyawannya sedang mengalami hari yang buruk, dia selalu ada di sana , memberitahu karyawan tersebut bagaimana melihat sisi positif dari situasi yang tengah dialaminya.
Melihat gaya tersebut benar-benar membuat aku penasaran, jadi suatu hari aku temui Jerry dan bertanya padanya, “Aku tidak mengerti! Tidak mungkin seseorang menjadi orang yang berpikiran positif sepanjang waktu. Bagaimana kamu dapat melakukannya? ” Jerry menjawab, “Tiap pagi aku bangun dan berkata pada diriku, aku punya dua pilihan hari ini. Aku dapat memilih untuk ada di dalam suasana yang baik atau memilih dalam suasana yang jelek. Aku selalu memilih dalam suasana yang baik. Tiap kali sesuatu terjadi, aku dapat memilih untuk menjadi korban atau aku belajar dari kejadian itu. Aku selalu memilih belajar dari hal itu. Setiap ada sesorang menyampaikan keluhan, aku dapat memilih untuk menerima keluhan mereka atau aku dapat mengambil sisi positifnya. Aku selalu memilih sisi positifnya.” “Tetapi tidak selalu semudah itu,” protesku. “Ya, memang begitu,” kata Jerry, “ Hidup adalah sebuah pilihan. Saat kamu membuang seluruh masalah, setiap keadaan adalah sebuah pilihan. Kamu memilih bagaimana bereaksi terhadap semua keadaan. Kamu memilih bagaimana orang-orang disekelilingmu terpengaruh oleh keadaanmu. Kamu memilih untuk ada dalam keadaan yang baik atau buruk. Itu adalah pilihanmu, bagaimana kamu hidup.”
Beberapa tahun kemudian, aku dengar Jerry mengalami musibah yang tak pernah terpikirkan terjadi dalam bisnis restoran: membiarkan pintu belakang tidak terkunci pada suatu pagi dan dirampok oleh tiga orang bersenjata. Saat mencoba membuka brankas, tangannya gemetaran karena gugup dan salah memutar nomor kombinasi. Para perampok panik dan menembaknya. Untungnya, Jerry cepat ditemukan dan segera dibawa ke rumah sakit.
Setelah menjalani operasi selama 18 jam dan seminggu perawatan intensif,Jerry dapat meninggalkan rumah sakit dengan beberapa bagian peluru masih berada di dalam tubuhnya. Aku melihat Jerry enam bulan setelah musibah tersebut. Saat aku tanya Jerry bagaimana keadaannya, dia menjawab, “Jika aku dapat yang lebih baik, aku lebih suka menjadi orang kembar. Mau melihat bekas luka-lukaku? ” Aku menunduk untuk melihat luka-lukanya, tetapi aku masih juga bertanya apa yang dia pikirkan saat terjadinya perampokan.
“Hal pertama yang terlintas dalam pikiranku adalah bahwa aku harus mengunci pintu belakang,” jawab Jerry. “Kemudian setelah mereka menembak dan aku tergeletak di lantai, aku ingat bahwa aku punya dua pilihan: aku dapat memilih untuk hidup atau mati. Aku memilih untuk hidup.”
“Apakah kamu tidak takut?” tanyaku. Jerry melanjutkan, ” Para ahli medisnya hebat. Mereka terus berkata bahwa aku akan sembuh. Tapi saat mereka mendorongku ke ruang gawat darurat dan melihat ekspresi wajah para dokter dan suster aku jadi takut. Mata mereka berkata ‘Orang ini akan mati’. Aku tahu aku harus mengambil tindakan.”
“Apa yang kamu lakukan?” tanya saya. “Disana ada suster gemuk yang bertanya padaku,” kata Jerry. “Dia bertanya apakah aku punya alergi. ‘Ya’ jawabku. Para dokter dan suster berhenti bekerja dan mereka menunggu jawabanku. Aku menarik nafas dalam-dalam dan berteriak, ‘Peluru!’ Ditengah tertawa mereka aku katakan, ‘ Aku memilih untuk hidup. Tolong aku dioperasi sebagai orang hidup, bukan orang mati’.”
Jerry dapat hidup karena keahlian para dokter, tetapi juga karena sikapnya hidupnya yang mengagumkan. Aku belajar dari dia bahwa tiap hari kamu dapat memilih apakah kamu
Sukses Dengan Indera Keenam
akan menikmati hidupmu atau membencinya. Satu hal yang benar-benar milikmu yang tidak bisa dikontrol oleh orang lain adalah sikap hidupmu, sehingga jika kamu bisa mengendalikannya dan segala hal dalam hidup akan jadi lebih mudah.
Berlatih Positive Feeling
Mengejar kesuksesan dan kebahagian dengan berpikir positif saja memang bisa berhasil. Namun, hasilnya akan lebih optimal jika kita menggunakan perasaan positif dan menyelaraskannya dengan pikiran positif.
Berapa banyak keinginan yang tercapai ketika perasaan Anda positif alias ikhlas? Sebaliknya, ketika perasaan Anda negatif alias dipenuhi nafsu dan emosi, apa yang Anda rasakan? Makin jauh dari “kemudahan”? Benar sekali.
Bayangkan ketika kita berada di zona nafsu. Kita selalu diliputi rasa cemas, takut, dan penuh amarah. Alhasil, kita seperti kehabisan tenaga. Semangat pun tak banyak tersisa karena zona ini memang diselimuti energi rendah. Sementara, ketika hati terasa lapang dan ikhlas (positive feeling), kita akan merasa penuh tenaga. Karena memang energi yang menyelimuti zona ikhlas adalah berbagai perasaan positif yang berenergi tinggi seperti rasa syukur, sabar, fokus, tenang dan bahagia.
Nah, perasaan-perasaan ini yang menjadi sistem navigasi hati kita. Sistem yang memberitahu kita untuk selalu berada di “jalan benar” menuju tujuan. Permasalahannya, bagaimana agar kita selalu merasakan positive feeling ini? Jangan khawatir, ada rahasianya, kok….
1. Geser Keseriusan Menjadi Keasyikan Ketika kepala penuh dengan hal-hal serius, segala sesuatu akan terasa sulit dicapai. Coba geser keseriusan di kepala menjadi keasyikan di hati. Tarik napas dalam, embuskan perlahan. Tekan tombol rileks di kepala, senyum di wajah dan tenang di hati. Rasakan pelan segala urusan jadi begitu lancar dan penuh kemudahan.
2. Operasikan Pikiran Dengan Sengaja Untuk jadi sukses, kaya atau bahagia, memang harus menciptakan pikiran yang membuat kita
merasakan hal tersebut. Ubah kalimat “Saya ingin bahagia” menjadi “Saya sudah merasa bahagia” (dengan semua yang kita punya). Memang sulit dilakukan. Kebanyakan orang belum terbiasa puas dengan apa yang mereka punya. Namun, karena ini masalah kebiasaan, Anda hanya perlu berlatih.
3. Fokus Tapi Damai Salah satu sebab kita mudah terbawa ke zona perasaan negatif adalah terlalu sering memaksa atau menuntut banyak dari diri kita sendiri. Memaksakan diri terus bekerja hingga energi habis, padahal kita hanya punya satu badan, dua tangan, dan dua kaki. Setelah lelah mendera, kita juga masih berharap bisa bersikap riang dan menyenangkan orang lain. Berbahagialah, apa pun situasinya dan izinkan diri Anda beristirahat. Setelah tubuh segar, perasaan pun akan kembali positif.
4. Menyetel Perasaan Positif Perhatikan satu obyek yang menyenangkan di sekitar Anda (bisa barang, orang atau situasi). Rasakan benar-benar selama 2-3 menit betapa beruntungnya Anda memilikinya. Rasakan perubahan perasaan Anda. Pasti jadi lebih enak dan positif. Pindahkan perhatian Anda pada obyek lain dan lakukan hal yang sama. Lakukan sepanjang hari dan jagalah perasaan enak ini selama mungkin sambil beraktivitas. Semakin sering Anda melatih perasaan positif ini, makin berkurang perasaan tak enak di hati.
5. Selaraskan Pikiran Dengan Perasaan Jika kehendak hati tidak sinkron dengan kehendak pikiran, biasanya muncul keraguan. Ini sama saja Anda menyabotase harapan untuk mencapai sesuatu tersebut. Anda perlu berlatih menyelaraskan pikiran dengan perasaan. Caranya, ubah kalimat “Saya ingin langsing” yang terasa kaku dengan “Rasanya lebih enak ya, kalau saya langsing” yang terasa lebih sejuk di hati.
Mulai sekarang, mari kita prioritaskan diri kita bersama untuk merasa positif sebelum melakukan apa saja. Dengan positive feeling ini, sukses dan kebahagiaan hanya tinggal masalah waktu. Ilmu pengetahuan berhasil membuktikan bahwa kualitas elektromagnetik jantung 5000 kali lebih kuat daripada otak. Dengan kata lain, jika positive thinking
Sukses Dengan Indera Keenam
memakaia tenaga 1 watt, maka positive feeling memakai tenaga 5000 watt. Itu sebabnya, positive feeling lebih kuat dibandingkan positive thinking.
Melatih Berpikir Positif
Mengapa kita harus berlatih untuk berpikir positif ?. Karena pola pikir seseorang itu dipengaruhi oleh kebiasaan yang dilakukan oleh yang bersangkutan terbut. Kebiasaan-kebiasaan yang mengalir begitu saja setiap hari jelas akan mempengaruhi cara ia bertindak dan cara ia menyikapi suatu persoalan yang ada. Kebiasaan itu dipengaruhi oleh unsur internal yang bersumber dari dalam diri sendiri dan unsur eksternal yang bersumber dari lingkungan sekitarnya. (kondisi keluarga, lingkungan tempat tinggal dsb).
Seseorang berkata, “Saya sudah mencoba untuk berpikir positif terhadap sesuatu hal”. Tapi saya tidak bisa melakukannya, karena persoalan yang saya hadapi itu terlalu besar dan terlalu kompleks.” Dalam kasus ini, orang tersebut diibaratkan sudah mulai membuka jalan yaitu ketika ia mulai mencoba untuk berpikir positif terhadap masalah yg dihadapinya. Namun tanpa disadari ia juga telah menutup jalannya sendiri yaitu ketika ia mengatakan “masalah yang aku hadapi ini terlalu besar dan kompleks”. Memang seseorang mengganggap kecil suatu masalah, tapi masalah tsb bisa dianggap besar oleh orang lain. Demikian juga sebaliknya.
Namun apapun masalahnya, sebenarnya pasti ada jalan keluarnya. “Setelah Kesulitan itu pasti ada Kemudahan”. Firman Allah itu mengisyaratkan bahwa manusia diharuskan untuk selalu perfikir positif terhadap suatu persoalan. Hanya saja sebagian orang selalu merasa ragu-ragu, untuk meyakininya. Perasaan ragu-ragu inilah yang menghambat seseorang untuk menerima suatu kekuatan positif yang bersumber dari kekuatan yang Maha Kuasa.
Kunci utama seseorang dapat terus konsisten untuk berfikir positif adalah dengan bersandar kepada Tuhan, karena hanya DIA-lah yang memiliki kekuasaan yang maha dasyat yang tidak akan pernah luntur dan tidak akan goyah terhadap sesuatu apapun.
Lalu bagaimana kita dapat bersandar kepada Allah ? cara yang paling mudah adalah dengan MeyakiniNYA. Ya hanya dengan Yakin itulah kita bisa bersandar kepada Allah.
Langkah yang paling sederhana untuk bisa Yakin kepada Allah adalah dengan menuliskan kalimat seperti ini : “ Aku Yakin Allah bersamaku, Allah pasti akan menolongnya”. Tulis kalimat itu diatas kerta, dan setiap hari dibaca perlahan-lahan, dan dilakukan secara konsisten, niscaya secara perlahan-lahan
Firman Allah, “ … jika mereka bertanya kepada KU katakanlah sesungguhnya AKU ini dekat, AKU mengabulkan Doa hambaKu…… “ Dengan menyandarkan diri kepada Tuhan, kita akan memperoleh “Semangat baru” dalam menyelesaikan persoalan yang ada.
Sebuah kisah nyata, seseorang karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan keuangan. Ia termasuk salah satu orang yang memiliki prestasi yang luar biasa diperusahaan tersebut. Suatu ketika pada saat akan ada pergantian salah Direksi, ia disebut-sebut termasuk orang yang dinominasikan untuk menjadi Direksi. Setelah melalui uji kelayakan, dari 5 orang yang mengikuti tinggal 2 orang yang lolos seleksi, dan ia salah satunya. Dan persaingan untuk calon Direksi hanya 2 orang. Teman-temannya banyak yang menyarankan bahwa ia harus melakukan lobi-lobi kepada orang tertentu untuk memuluskan jalan menjadi Direksi. Namun ia tidak melakukannya, alasannya karena jika ia melakukan lobi-lobi ke orang tertentu, ia akan memberikan suatu kontribusi yang sebanding kepada orang tersebut. Ia hanya berfikir sederhana, yaitu “saya sudah berusaha memenuhi segala ketentuan yang berlaku, dari sisi kemampuan dan pengalaman bekerja saya sudah memenuhi persyaratan, dan sekarang saya menyerahkan semua persoalan ini kepada Allah, saya mohon kepada Allah untuk diberikan yang terbaik bagi saya”. Karyawan tersebut telah menyerahkan persoalannya kepada Tuhan dan meminta penyelesaian yang terbaik. Karyawan tersebut berfikir bahwa Tuhan akan memberikan sesuatu yang terbaik baginya.
Sementara itu rivalnya, melakukan lobi-lobi kepada orang-orang penting, yang dapat mempengaruhi keputusan dalam pengangkatan Direksi perusahaan Keuangan tersebut. Sampai pada akhirnya, rivalnya inilah yang dipilih untuk menjadi penganti salah satu Direksi diperusahaan tersebut.
Namun apa daya ketika SK pengangkatan Direksi tersebut akan di tanda-tangani, secara Tim Seleksi Calon Direksi tersebut, mengadakan rapat mendadak, yang mempersoalkan calon yang akan duduk menjadi Direksi. Setelah dilakukan pengkajian pertimbangan yang matang akhirnya, diputuskanlah bahwa Karyawan yang tidak melakukan lobi-lobi itulah yang diangkat menjadi Direksi.
Dari kisah tersebut diatas, si karyawan yang telah menyandarkan persoalanya kepada Allah, berarti ia telah menyerahkan persoalan tersebut, kepada Allah, dan ia Meyakini Tuhan pasti memberikan jalan keluarnya yang terbaik. Ia telah berfikir positif untuk mencari jalan keluar dari persoalannya tersebut.
Tip and trik untuk melatih berpikir positif : - Menyakini Allah akan memberikan pertolongan dan memberikan jalan penyelesaian yang terbaik bagi masalah yang kita hadapi. Caranya sederhana untuk bisa Yakin kepada Tuhan, yaitu dengan menulis disebuah kertas, kalimat seperti ini “Allah dekat bersamaku, Allah pasti menolongku. Kata tersebut dibaca berulang-ulang setiap harinya.
- Menuliskan potensi yang dimiliki di atas kertas secara jelas, dan dibaca potensi yang dimiliki, jangan pernah menuliskan kalimat-kalimat negatif. Contoh potensi : aku memiliki badan yang sehat, aku punya rumah untuk tempat tinggal, aku memiliki kawan-kawan yang mendukungku, dan potensi-potensi lainnya. Jangan pernah kita menuliskan kalimat seperti ini : aku punya rumah meskipun rumah kontrakan. Kalimat “……meskipun rumah kontrakan” ini akan menjadi penghalang semangat kita, bahkan bisa memunculkan rasa ragu-ragu.
- Harus tetap semangat untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada.
Dalam segala keadaan, milikilah sikap hati yang selalu Positif
Ada yang bilang “Awal” adalah hal terpenting, sedangkan yang lain berkata “Akhir” merupakan tolak ukur segalanya. Memilih dan tidak memilih salah satu atau menolak keduanya merupakan pilihan. Dengan membiarkan sesuatu bergerak seperti Air, Api, Angin, Tanah, bahkan Cinta, akan banyak memberikan elemen kejutan jika sikap seperti itu merupakan pilihan (pada manusia di sekeliling tentunya). Dan bisa dipastikan beberapa elemen positif dan negatif akan selalu menghiasi saat prinsip tersebut berbenturan dengan siapapun yang mengitarinya.
Aa Gym pernah bilang:
“Masalah seberat apapun tidak perlu kita takuti, justru yang menjadi masalah adalah cara pandang kita terhadap masalah tersebut. Jika ternyata kita tidak mampu menyelesaikan masalah itu seketika, nikmatilah. Cara itu saja sudah merupakan bagian dari ibadah..”
Lebih memilih berpikir positif adalah langkah bijaksana, walaupun,seringkali kita menipu diri sendiri dengan kenyataan yang ada. Bagaimanapun juga, berpikir positif lebih merupakan cara hidup sehat untuk jasmani, rohani dan ruh sekaligus. Walaupun mungkin, banyak yang akan kesal dengan cara berpikir tersebut. Pada dasarnya, setiap insan manusia (apapun kelaminnya) selalu memerlukan dan ingin memberikan cinta. Seperti kata Iwan Fals:
“kayaknya kita ini kurang serius dalam bercinta…, kita ini semua merindukan cinta (Sang Maha Esa) dalam lingkup yang lebih besar. Untuk itu bercintalah secara positif dengan serius agar anak-anak kita menjadi anak yang positif dan serius juga…”.
Selama masih hidup didunia ini, tidak ada seorang pun yang tidak menghadapi masalah. Yang membedakan masing – masing orang adalah bagaimana sikap hati kita dalam menghadapi setiap permasalahan itu : ada yang selalu cemas dan dihantui oleh perasaan takut / kuatir ketika masalah datang, di sisi lain ada orang yang tegar dan mampu melewati hari –
harinya dengan penuh sukacita. Yang seorang selalu berpikir negatif, sedangkan yang lain mampu memandang setiap persoalan dengan berpikir positif. Maka apa yang kita pikirkan akan membentuk siapa kita. Oleh karena itu batasan secara spesifik apa yang seharusnya ada dalam pikiran kita yaitu : “ …semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semua itu. “ (Firman Tuhan)
Tetapi, bagaimana agar kita mampu menjaga pikiran kita terus tertuju kepada hal – hal yang dikehendaki Tuhan yaitu yang benar, mulia, adil, suci, manis, sedap di dengar dan sebagainya, tidak ada jalan lain selain kita harus membuat komitmen untuk berubah ; kita harus dapat menyaring semua hal yang masuk dan menyingkirkan hal – hal negatif di dalam pikiran kita. Apa saja yang kita baca, tonton, dan dengar, baik itu melalui buku – buku / majalah, televisi, film, radio, internet, dan yang lainnya, sangat mempengaruhi cara kita berpikir. Bukan berarti kita tidak boleh membaca surat kabar atau nonton televisi, tetapi kita harus mampu memilahnya, mana yang baik bagi kita !
Hal penting lain yang tidak boleh disepelekan adalah kita harus membangun hubungan dengan orang – orang yang positif dan membagun.
Sekilas Tentang Alam Bawah Sadar (1)
Pernah dengar perkataan alam bawah sadar tidak, maksud saya bukan sesuatu yang bersifat gaib atau magic tapi alam bawah sadar di dalam fikirian manusia. mungkin saya dan anda bukan orang pertama yang mempertanyakannya. menurut diskusi dengan beberapa sahabat ternyata fikiran manusia itu dapat di katakan sebuah perpustakaan yang cangih, atau mungkin lebih tepatnya mesin search engine yang paling muhtahir, yang memiliki sistem oprating sistem sendiri mungkin lebih canggih dari Windows Fiesta keluaran dari microsoft. nah di suatu perpustakaan atau mesin pencari kita hanya bisa mengakses data atau keyword yang kita cari, sisa data yang tidak terpancing keluar adalah terbentuk database yang luar biasa dahsyatnya.ibarat sebuah mesin pencari alam sadar adalah alam yang sedang kita gunakan keyword/kata kuncinya atau jika tampilan yang muncul ketika kita menggunakan sebuah mesin pencarian, sisanya tidak terlihat atau atau tidak terdekteksi lagi, jadi alam sadar adalah alam yang ada saat suatu waktu kita perlukan. itulah sebuah ilustrasi yang menurut saya menggambarkan tentang alam sadar dan alam bawah sadar.
Lalu maksudnya apa kalau kita telah tahu tentang pengertian alam bawah sadar dan alam sadar, nah sebenarnya alam bawah sadar ini memiliki kemampuan yang luar biasa, pada kondisi-kondisi tertentu alam bawah sadar dapat bekerja, dan kabarnya otak bawah sadar mempunyai kemampuan 7 kali lebih besar dibanding otak sadar. Alam bawah sadar mengatur semua aktivitas hidup kita, bahkan saat kita sedang tidur, antara lain bernafas dan mengatur denyut jantung.
Bagi anda yang sedang berlatih berenang atau berlatih mengendari mobil, atau berlatih mengetik tanpa melihat, sadarkah anda bahwa jika anda telah bisa melakukan hal-hal seperti yang saya sebut diatas, maka yang terjadi adalah mekanisme pengerakan diri oleh alam bawah sadar kita,
pembentukan alam bawah sadar keahlian dapat dilalui melalu proses sebagai berikut:
- Proses tidak sadar/ tidak tahu
ketika pertama belajar kita sombong dan merasa paling bisa, terkadang kita tak paham tentang apapun, ingat untuk mengetahui kita perlu yang namanya belajar, hal ini sebagi keyword/kata kunci dalam menjalanka alam bawah sadar kita. ingat saat pertama belajar mengetik dengan dua tangan tanpa melihat apa yang terjadi kita sering menganggap mudah, padahal ketika kita mencoba kita sering salah.
- Proses penyadaran
ketika kita tahu kita tidak bisa mengetik dengan dua tangan tanpa melihat maka kita akan melakukan pembelajaran secara pelan-pelan mulai dari melihat letak huruf, menghapal, dalam hal ini adanya prosese penyadaran dari sesuatu yang tidak sadar
-Tahap Pemahiran
Ketika kita sudah bisa mengetik dengan 2 tangan, sudah hapal letak huruf lalu kita akan berlatih agar kita bisa mencapai suatu kemahiran tahap ini merupakan sebuah kesadaran ternyata kita telah mahir untuk mengetik dengan dua tangan tanpa melihat
-Tahap membangun alam bawah sadar
Tahapan terakhir dari proses ini adalah tahap merubah alam bawah sadar ke alam tidak sadar, loh kok, ketika kita telah mahir mengetik dengan dua tangan tanpa melihat tanpa sadar alam bawah sadar kita telah merekam atas kesadaran kemampuan yang kita telah miliki, ketika kita telah berlatih berulang-ulang secara otomatis semua berjalan dengan begitu saja, alam bawah sadar kita telah mengambil peranan dalam penjalanan keahlian yang kita miliki rutinitas ini membentuk suatu Kebiasaan yang dicatat dalam alam bawah sadar, yang selanjutnya dipergunakan mengikuti kode pencatatan, mengikuti program yang telah tersusun, tanpa harus menguras terlalu banyak energy dari kesadaran kita.
seperti contoh kasus mahir mengetik dengan dua tangan tanpa melihat akan membuat kita menghemat eergi, dengan tidak sebentar-sebentar melihat tombol keyboard, atau menekan backspace untuk menghapusnya yang terjadi ketika kita membaca sebuah tulisan/menterjemahkan ide semua akan mengalir begitu saja.
seperti yang saya bilang bahwa alam bawah sadar adalah sebuah data base raksaksa yang memiliki sistem operasi yang paling canggih, seperti sebuah sistem komputer yang rentan terhadap serangan virus, alam bawah sadar pun rentan terhdap serangan virus, virus apa yang bisa merusak alam bawah sadar kita, yaitu, virus ketakutan, panic, emosi yang berlebih, trauma dan fikiran negatif lainya, kalau ada virus lalu adakah anti virusnya. jawabnya ada antivirus yang paling hebat untuk menelamatkan alam bawah sadar kita adalah sikap positif dan Rasa percaya kepada diri sendiri.
bagaimana membangun antivirus rasa percaya diri adalah dengan meyakinkan diri sendiri coba ucapkan dengan bahasa yang positif,misalnya,”saya bisa, Saya berani” jangan ucapkan hal-hal yang menjadi virus alam bawah sadar anda “saya bisa tapi…”, “dia lebih baik dari saya”, “apakah benar saya bisa”. Kalimat kalimat terakhir yang saya contohkan akan merusak alam bawah sadar anda.
Supaya pemprograman bawah sadar dapat lebih cepat terjadi, seperti yang saya tuliskan pada kalimat diatas bangun lah rasa percaya diri, perasaan nyaman dengan diri sendiri, peraasaan bahagia, dan bayangkan apa yang anda ingin raih/lakukan maka kalau hal tersebut dilakukan secara konsisten maka alam bawah sadar anda akan menuntun anda menuju sebuah kesuksesan diperlukan emosi atau perasaan yang positif atau perasaan yang menyenangkan. Ketika kita inginkan,ciptakan sebuah rasa bahagia, buatlah sebuah keinginan yang besar stentang sesuatu yang kita inginkan untuk tercapai. jadi untuk membangkitkan alam bawah sadar anda adalah dengan membayangkan, merasakan apa yang kita inginkan, rasakan dengan sejelas-jelasnya anda telah berhasil mewujudkan keinginan anda. dan pasrah serta berdoa kepada tuhan YME, maka akan ada jalan yang melintas dalam fikiran tentang bagai mana wewujudkanya, sebuah solusi yang lahir setelah proses membayangkan, merasakan apa yang kita inginkan, adalah sebuah jawaban dari alam bawah sadar anda, yang kemungkinan besar akan menuntun anda pada sebuah kesuksesan yang anda inginkan.
Sekilas Tentang Alam Bawah Sadar (2)
Otak sadar manusia layaknya bongkahan gunung es yang muncul di permukaan. Selebihnya berupa alam bawah sadar yang memiliki kekuatan maha dahsyat. Banyak keberhasilan bisa diperoleh dari mengelola alam bawah sadar.
Pernahkah kita berpikir sejauh mana kemampuan otak kita? Yang kita pahami selama ini, kemampuan otak kita hanyalah secara analistik, namun kita tak pernah menyadari bahwa kemampuan otak manusia tak hanya sekedar analistik. Ada banyak hal yang bisa diungkapkan dalam otak.
Secara garis besar, otak manusia terbagi dalam dua bagian, otak kanan dan otak kiri. Otak kiri memproses segala macam angka, matematika, bahasa, hitung-hitungan dan sebagainya. Sementara otak kanan, memproses segala macam keindahan, tata kata tak lagi tersusun secara verbal. Musik dan warna-warna indah adalah basil kerja otak kanan.
Hanya sebatas itukah otak kita? Tidak. Laiknya gunung es yang muncul di permukaan, yang tampak hanya 12 persen saja, 88 persen sisanya masih tenggelam di dalam lautan. Yang 12 persen itu dise-but sebagai alam atau pikiran sadar (conscious mind). Sisanya, 88 persen, disebut alam bawah sadar (subconsious). Antara alam sadar dan bawah sadar dibatasi se-buah garis filter yang disebut reticular activating system. Garis ini berfungsi melindungi manusia dari informasi-inforrnasi yang tak perlu, sehingga seseorang tetap terlihat sadar dan waras. Nah, selama ini, kemampuan otak yang digunakan oleh manusia hanya 12 persen, sisanya tenggelam dalam diri kita.
Bayangkan, dengan 12 persen dari keseluruhan otak manusia, kita sudah sedemikian hebat. Bisa hitung-hitungan, bisa menelorkan gagasan-gagasan managemen yang begitu spetakuler, mampu menghasilkan sebuah tayangan televisi fenomenal, dan sebagainya. Lalu bagai-mana kalau kemampuan otak yang 88persen itu kita bisa manfaatkan? Hasilnya tentu saja lebih luar biasa. “Alam bawah sadar kita sangat kuat sekali. Dalam proyeksi kehidupan,
alam bawah sadar ini merupakan sebuah gudang yang luas, yang menyimpan semua pengalaman hidup kita, citra diri kita,” demikian kata RB Sentanu, Direktur Mind Management Center dari Katahati Institute, Jakarta.
Nunu, begitu kerap dia disapa, mengungkapkan alam bawah sadar bisa terprogram. Dan, kata-kata yang negatif lebih cepat diserap dan tersimpan dalam gudang alam atau pikiran bawah sadar. Sebagai contoh, seperti yang dialami Yudi Sujana, seorang Direktur Lembaga Pendidikan Bahasa Asing Interlingua Bandung. Ketika duduk di sekolah dasar, guru Yudi terlihat putus asa melihat nilai matematikanya selalu empat. Sang guru pun berkata, “Kamu bodoh, tak bisa hitung-hitungan.” Seiring pertumbuhan di-rinya, Yudi pun membenci matematika dan merasa bodoh di bidang yang satu ini. “Sebetulnya, ketika dibilang bodoh, tanpa disadari kita mencitrakan diri sebagai orang bodoh, dan alam bawah sadar mengambil alih pencitraan diri Anda. Setiap kali Anda mencoba menghitung dan merasa bodoh, alam bawah sadar memasuki pikiran Anda, mengatakan bahwa Anda tidak bisa matematika,” urai Nunu.
Kekuatan alam atau pikiran bawah sadar begitu besar. Kekuatan pikiran bawah sadar dapat dimanfaatkan untuk mencapai tujuan tiga sampai tujuh kali lebih cepat, dengan skill relaksasi sebagai keuntungan tambahan. “Jika kita mam pu memanfaatkan gudang kehidupan kita yang begitu besar itu, bayangkan pula bagaimana kehidupan kita kelak,” kata Nunu.
Dan, untuk menularkan ke-mampuan menyingkap kekuatan pikiran bawah sadar itu, pada 1988, bersama kawan-kawannya, Nunu mendirikan Katahati Institute. Lembaga ini bertujuan membantu dan melayani sesama manusia yang memiliki niat untuk berubah dan memutuskan untuk menjadikan dirinya sebagai titik-awal perubahan itu. “Terobosan teknologi penggunaan otak dan pikiran saat ini luas terbukti menentukan keunggulan seseorang dalam profesinya masing-masing,” tutur Nunu.
Bagaimana teknik mengeksplorasi otak dan pikiran tersebut? Sebagai langkah awal, maka perlu dipahami kondisi otak manusia. Yakni, terbagi dalam empat bagian, beta, alpha, theta dan delta.
Kondisi delta adalah kondisi pada saat manusia sedang tidur. Kecepatan gelombang otak pada saat tidur hanya 0,5 sam-pai 3,5 putaran perdetik. Kondisi delta diperlukan oleh tubuh, karena pada saat itu tubuh kita melakukan peremajaan terhadap sel-sel tubuh. Tentu saja, dalam hal ini tertidur lelap, bila kondisi tidak dalam tertidur nyenyak, maka yang terjadi adalah sebagian anggota tubuh kita tidak melakukan peremajaan atau pe-nyembuhan, akibatnya kita sering mengalami rasa sakit saat bangun tidur.
Kondisi theta adalah saat gelombang otak manusia mencapai 3,5 sampai 7 putaran perdetik. Pada saat otak dalam kondisi theta, pikiran pun menjadi kreatif dan inspiratif. Keadaan theta adalah di mana kita bisa bermimpi, berkhayal, dan kalau kita sadari sejumlah filsuf ataupun ilmuwan seperti Thomas Alfa Edison menciptakan sebuah karya spetakuler dalam keadaan Theta. Keadaan theta yang sangat sugestif adalah saat tubuh menyembuhkan dirinya sendiri, seorang penderita kanker bisa sembuh karena menempatkan dirinya dalam kondisi theta. Keadaan theta bisa dibentuk pada saat meditasi. Dalam keadaan theta, pikiran akan menjadi sangat jernih, bahkan tubuh kita pun tak terasa, begitu juga dengan kaki, tangan.
Kondisi yang paling penting untuk menembus pikiran bawah sadar adalah alpha. Dalam kondisi alpha kita bisa membuka pintu gerbang menuju 88 persen kekuatan alam bawah sadar. Kondisi alpha adalah kondisi yang sangat rileks atau sama persis ketika kita berkhayal dan melamun. Kecepatan gelombang alpha mencapai 7 sampai 13 putaran perdetik. Yang membedakan kondisi alpha dengan theta adalah kesadaran kita, alpha masih merasakan anggota tubuh kita.
Sementara kondisi beta adalah kondisi di mana kita bisa sepenuhnya sadar. Dalam kehidupan sehari-hari saat kita terbangun dan memulai aktivitas, maka kondisi tersebut dapat dikatakan sebagai kondisi beta.
Lalu bagaimana cara menembus pikiran bawah sadar kita? Cara yang mudah adalah membalikkan mata kita ke atas dan memejamkan mata, lalu pikiran pun membawa kita ke dalam kondisi alpha, melarutkan kita dalam suasana yang nyaman dan penuh ke dalam kedamaian. “Bayangkanlah sebuah rumah penuh kedamaian, rumah yang nyaman, rumah
impian. Lelapkan diri kita ke sebuah kursi yang membawa kita merasa terlena dan sangat nyaman,” tutur Nunu.
Kondisi alpha pun dapat terbangun melalui meditasi. Meditasi yang sempurna adalah kedua telapak tangan saling membuka, pada saat itulah energi alam akan menyatu dan berputar dalam keseluruhan tubuh. Ditunjang sebuah musik yang indah dan syahdu, suasana alpha akan mudah terbangun.
Dalam keadaan alpha, sebuah pintu ke alam bawah sadar terbuka. Saat masuk dan menjelajah alam bawah sadar, kita bisa memprogram hidup kita seperti apa yang kita mau. “Aku bergaji Rp 20 juta bulan April, bahasa seperti itulah yang harus kita ungkapkan,” ungkap Yudi Sujana. Atau, “Aku menikah bulan Januari dengan Mariana.”
Yang perlu diketahui, menurut Nunu, pikiran bawah sadar tidak pernah mengetahui perbedaan antara imajinasi dengan kenyataan. Pikiran bawah sadar tidak pernah memiliki mekanisme untuk mengetahui hal-hal yang nyata ataupun bukan. Ada empat hukum pikiran bawah sadar, yaitu positif, kalimat saat ini (present tense), bersifat pribadi, dan pengulangan. Dalam memprogram diperlukan emosi positif dengan mencurahkan segenap jiwa. Saat meditasi, kita harus membayangkan bahwa keingi-nan kita benar-benar terjadi. Ketika menginginkan menikah, maka pikiran alam bawah sadar kita tuntun dan ciptakan sebuah visual yang indah. Begitu juga saat kita menginginkan gaji Rp 20 juta perbulan, maka visualisasikan dalam alam pikiran bahwa kita menerima uang sebanyak itu. Jangan sekali-kali menyebutkan kata-kata, “Aku ingin.” Sebab Beta akan mengacaukan keinginan yang disebut dalam Alpha.
Sifat Beta selalu meragukan. Kondisi Beta akan mendorong kita untuk merasa ragu melakukan sesuatu. Karena itu, alam bawah sadar memerlukan sifat tegas, tentu saja dibarengi dengan unsur emosi yang kuat, dalam hal ini hindari emosi negatif, tetapi gunakan emosi positif.
Deni Puspahadi, Humas PT Indofood Tbk, telah membuktikan ucapan Nunu. Lajang yang selalu tampil energik ini mengaku mendapatkan manfaat yang sangat positif dari berlatih mengelola alam bawah sadar dengan meditasi. Setidaknya, kini ia lebih mampu
berkonsentrasi, fokus pada persoalan-persoalannya, dan begitu mudah menyelesaikan persoalan yang dulu dianggapnya begitu rumit. Kini, jika dirinya diserang stres, dengan mudah ia mengusir rasa stres itu hanya dalam waktu satu menit. “Segalanya jadi terasa begitu mudah dan indah, seindah kita menjalani hidup ini,” urainya penuh senyum.
Strategi dan kiat-kiat untuk menuju kesuksesan !
I. Percaya Bahwa Anda Akan Kaya dan Sukses
Percaya Anda akan sukses, maka sukseslah Anda ? Berpikir positif dan bersikap optimis tentang masa depan sangat diperlukan di saat ini karena dunia intelek sekarang telah membangun suasana yang lebih pesimis daripada optimis. Kita seringkali menganggap bahwa kekayaan hanya dimiliki oleh kelompok tertentu, bukan untuk kita sendiri.
Kalau kekayaan adalah hanya ditujukan untuk kelompok tertentu, itu terjadi karena pikiran sehingga terbentuk sikap hidup yang menghalangi dia untuk masuk ke dalam kelompok itu. Sebenarnya setiap orang kaya mulai dengan yakin bahwa pada suatu hari dia akan menjadi orang kaya dan terkenal.
Anda harus meyakinkan diri sepenuhnya bahwa hal untuk menjadi kaya adalah hal yang mudah. Kita harus menerima anggapan bahwa keberhasilan pada dasarnya tidaklah lebih sulit daripada kegagalan, karena usaha untuk mencapai suatu kegagalan adalah sama dengan usaha untuk mencapai keberhasilan.
Kegagalan melibatkan kombinasi keadaan yang sangat kompleks begitu juga keberhasilan. Kita sering mendengar bahwa keberhasilan adalah prestasi, namun disini kami katakan bahwa kegagalan juga merupakan prestasi ! Menjadi kaya tidaklah hanya mungkin saat sekarang ini, tetapi sebenarnya lebih mudah diwujudkan daripada di masa lalu.
II. Menjadi “Money Magnet”
Hal yang mendasar dan yang menjadi syarat semua orang untuk mendapatkan kesuksesan dalam hal ini kekayaan adalah menghilangkan rasa benci terhadap uang, menghilangkan prasangka-prasangka buruk tentang uang.
Contoh, kita sering mendengar “uanglah yang menyebabkan aku bertengkar dengan istriku”, atau pada saat kita masih kecil kita sering diberitahu orangtua kita “jangan main uang, uang itu kotor”, pada saat remaja “uang tidak bisa membeli cinta”, “aku tidak mengejar uang”, “untuk apa mencari uang, aku bukan mata duitan” dan sebagainya, masih banyak sekali contoh katakata negatif tentang uang yang dengan sendirinya dan secara tidak sadar kita terprogram untuk membenci uang, dan akhirnya?
Kita secara tidak sadarpun akan malas untuk berusaha untuk menjadi kaya. & Adalah suatu hal yang mustahil apabila kita berusaha mendapatkan sesuatu yang sebenarnya kita benci.
Kita ambil contoh di atas yang mengatakan “uang itu kotor”, pada saat mendengar kalimat itu mungkin kita bisa acuh tak acuh saja, namun apa sebenarnya yang terjadi ? pikiran secara tidak sadar tersebut akan terbawa sampai ketika kita dewasa ketika kita berusaha mendapatkan kekayaan, energi kita yang sebenarnya kuat, perlahan-lahan mengendur karena di bagian otak kita ada yang mengatakan “uang itu kotor” secara terus menerus, sehingga pada akhirnya kita tidak bisa maksimal atau bahkan tidak mendapatkan sama sekali.
“uang tidak bisa membeli cinta” ? dalih seperti ini ada benarnya, seperti cinta dari orangtua kepada anaknya atau cinta yang tulus dari seseorang yang tidak bisa di beli dengan uang, namun yang akan saya utarakan disini adalah suatu kebenaran bahwa : “Cinta akan lebih indah bila anda punya banyak waktu untuk orang yang anda cintai karena anda bebas secara finansial” III. Tidak Ada Batasan untuk Menjadi Kaya
Berapapun usia anda, dari manapun asal anda, pendidikan anda, pekerjaan anda sekarang ini, dan bagaimanapun latar belakang anda, adalah tidak menjadi hambatan untuk me mperoleh kesuksesan. Kesuksesan tidaklah suatu bakat bawaan yang akan diturunkan, kesuksesan didapat pada perjuangan seseorang. Kesuksesan berhak dimiliki oleh siapa saja yang ingin dan ingin mendapatkannya.
Kesuksesan tidak memihak pada orang tertentu, harus pada kelompok tertentu saja atau sebagainya, namun sebenarnya kesuksesan “ada” di setiap orang, tinggal orang tersebut menggunakannya dengan maksimal, dengan demikian Anda akan sukses sesuai yang Anda harapkan akan terjadi pada Anda. Bagi anda yang masih muda, usia muda lebih sering merupakan modal yang menguntungkan.
Kurangnya pengetahuan dapat diimbangi dengan keberanian, tekad, naluri, atau keorisinilan. Bagi anda yang sudah merasa terlalu tua jangan berkecil hati, andapun dapat lebih berhasil karena anda telah mempunyai banyak sekali pengalaman. Suatu penelitian atas 1000 orang kaya mengungkapkan bahwa : kebanyakan mereka mulai menjadi kaya setelah mencapai umur 40 tahun.
Jadi, anda yang sampai sekarang belum mencapai cita-cita menjadi kaya janganlah berputus asa ! Ada kemungkinan bahwa anda sedang akan mulai memanen hasil usaha anda setelah ini. Ray Kroc, pencipta McDonal’s sudah berumur di atas 50 tahun ketika memulai usaha McDonald’s-nya dan mulai menjadi kaya. Andaikata dia menyerah dan putus asa pada waktu berumur 45 tahun, selain tidak terkenal, dia tidak akan menjadi kaya. Ia juga tidak memiliki tubuh yang prima dan sakitsakitan, inilah pengakuannya :
“Saya berumur 52 tahun waktu itu, tetapi masih penuh semangat untuk beraksi. Saya mengidap diabetes dan mulai terkena reumatik. Saya telah kehilangan kantung empedu dan sebagian besar kelenjar tiroid saya.
Tetapi saya mempunyai keyakinan bahwa nasib terbaik masih menunggu”. Jangan letakkan masa depan anda dibelakang anda. Berapapun usia anda, jalanilah setiap hari sebagai hari pertama sisa hidup anda. Bagi anda yang ingin mendirikan usaha anda sendiri tetapi tidak mempunyai pengalaman, sejarah membuktikan bahwa kebanyakan orang kaya belajar sambil jalan; mereka mulai selagi belum mempunyai pengalaman apa-apa seperti sekarang.
Modal juga merupakan masalah bagi sebagian besar orang. Sebenarnya kalau kita memperhatikan pengalaman orang-orang terkaya di dunia, dan bahkan pengalaman ribuan jutawan yang kita ketahui, nampaklah bukti yang tidak diragukan bahwa dia mulai sesuatunya dari modal nol dan uang bukanlah suatu pangkal utama. Yang terutama adalah suatu gagasan bisnis yang baik dan suatu pandangan mental positif.
IV. Tidak Pernah Terlambat Untuk Sukses
Saya ingin menarik perhatian anda pada peristiwa atau hal yang tidak mendapat perhatian masyarakat dan pada umunya dianggap tidak mempunyai pengaruh penting pada jiwa serta kehidupan manusia ataupun pada perasaan hati manusia.
Mengapa hal itu dianggap tidak begitu penting? Apakah sebenarnya yang berpengaruh besarpada pendirian hati, jiwa, kehidupan pribadi, dan terlebih lagi berpengaruh pada orang lain? Jawapannya adalah ”kata -kata” praktis yang anda pakai dalam kehidupan sehari -hari. Kata-kata yang selalu dipakai setiap saat.
Jika demikian, apakah anda menggunakan kata-kata yang membangkitkan rasa hormat dan menghargai diri sendiri? Ketika berbicara tentang sesuatu, khususnya tentang diri sendiri, tanpa mengenal diri sendiri, bukannya kata-kata positif melainkan kata-kata negatif yang berhamburan keluar, yang dikatakan dengan wajah tanpa ekspresi bersalah dan dilakukan tanpa disertai pikiran bahwa itu adalah suatu hal yang buruk.
Akan tetapi, semakin sering kita berbicara tanpa memikirkan bahwa hal itu buruk maka ini tidak saja membuat diri sendiri bodoh, tetapi juga membawa pengaruh buruk pada jiwa orang yang mendengarnya.
Sama seperti pepatah yang mengatakan adanya sebuah apel busuk akan merusak seluruh apel-apel cantik yang ada di sekitarnya. Jika dibicarakan lebih jelas lagi, ada perasaan nurani yang tersembunyi dalam kehidupan spiritual manusia. Walaupun hanya sepatah kata diucapkan, apa yang disebut perasaan nurani yang tersembunyi ini seakan secara otomatis bereaksi terhadap suara, baik disadari atau tidak. Pada saat menyadari perasaan bawah sadar ini, keadaan akan menjadi seperti itu.
Maka lahirlah kata-kata agung dan kata-kata suci. Dengan kata lain, jika segala sesuatu diutarakan dengan kata-kata optimis dan positif, maka segala sesuatu dalam kehidupan akan muncul dalam keadaan baik.
Akan tetapi sekali kata-kata seperti ”kemarahan”, ”kesedihan”, ”penderitaan”, ”kebingungan”, dan ”kecemburuan”, tanpa segan-segan berhamburan keluar dari mulut, maka pada saat itu juga, selain dikatakan bodoh, hal itu akan mengundang akibat yang mengerikan. Ini kenyataan ! tidak ada kekuatan yang lebih besar yang dapat dirasakan langsung melebihi kata-kata praktis yang dipakai oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari.
Hal tersebut menentukan tindakan yang benar-benar disadari lebih dari kekuatan yang dirasakan yaitu kekuatan batin. Dapat dikatakan bahwa orang yang dapat memahami hal ini dengan benar, dan menerapkan dalam hidupnya, tidak salah lagi orang itu akan menjadi orang luar biasa.
Demikianlah, kata-kata mempunyai kekuatan untuk mempengaruhi kehidupan. Kesadaran akan hal ini akan menjadi senjata terbaik untuk memenangkan kehidupan. Apapun yang dilakukan, dengan mempertimbangkan kenyataan yang amat penting ini, artinya selalu menaruh perhatian khusus kepada kata-kata, maka dalam situasi bagaimanapun juga selalu waspada dan hanya menggunakan kata-kata positif dan optimis.
Didalam dunia ini tidak ada kata-kata yang dikeluarkan tanpa ada ekspresi apapun. Selama kata-kata itu dikeluarkan oleh manusia, sebelum keluar dari mulut, pasti ada ”maksud”nya. Dengan kata lain, di dalam kepala ada pikiran yang membentuk kata-kata tersebut kemudian dikeluarkan lewat suara. Jadi hal yang penting haruis dipegang teguh adalah ”Jangan pernah menggunakan kata -kata negatif atau pesimis walaupun hanya sekali!”.
Ini akan menjadi suatu kebiasaan yang tidak boleh tidak harus dilakukan, karena akan membuat manusia menjadi bahagia tidak hanya dalam segi kesehatan tetapi dalam segi nasib. Saya merasa yakin akan hal ini. Jika anda mengeluarkan kata-kata positif dengan penuh harapan, sepenuh hati, dan optimis, yakin dan percayalah bahwa segala sesuatu akan tercapai.
Sebagaimana kita dapat mengubah suatu program komputer, kita dapat pula merombak total kepribadian kita yang telah terbentuk di alam pikiran bawah sadar. Menurut eksperimen yang telah dilakukan pada banyak orang, ternyata diperlukan waktu tiga puluh hari untuk menanamkan suatu program baru.
Cara yang paling sederhana adalah memrogram mental, berpikir positif atau hipnotis diri dengan menggunakan formula dari Emile Coule yang telah diterapkan di seluruh dunia dan telah memperbaiki kehidupan ribuan orang. Berikut ini formula yang dikembangkan Coue: ”Setiap hari dan setiap segi, saya harus bertambah baik”
Ia menasehatkan agar orang mengulang-ulang formula ini keras-keras setiap hari kira-kira 20 kali. Anda dapat mengarang formula sendiri sesuai dengan kebutuhan Anda. Efek yang ditimbulkan sungguh luar biasa. Formula ini aman dan mempunyai kemungkinan yang tak ada batasnya.
Formula ini harus diulang-ulang setiap hari. Pengulangan adalah sangat jitu untuk sugesti diri. Kita harus benar-benar membanjiri alam bawah sadar kita dengan kata-kata ini. Satu program baru akan tertanam sedikit demi sedikit, dan bersamaan dengan itu suatu kepribadian baru akan bertumbuh, program negatif akan tersisih oleh program positif, antusias, energi, keberanian.
V. Tetaplah Pada Keputusan Anda
Salah satu kecenderungan orang kaya adalah tetap pada keputusan yang telah diambil, tidak peduli keadaan sekeliling, tidak peduli apapun pendapat orang lain, tidak peduli kegagalan atau
kemunduran sementara yang terjadi. Berpegang teguh membuat banyak rencana menjadi terlaksana.
Sukses Dengan Indera Keenam
Orang yang terus-menerus berubah pikiran tidak pernah menjadi orang sukses. Berubah-ubah pikiran adalah suatu tanda keadaan batin yang digerogoti kebimbangan. Dengan demikian, sukses tergantung pada dua faktor :
Membuat keputusan yang tepat Berpegang teguh pada keputusan itu dan bertindak langsung pada suatu kesempatan
Prinsip yang sebaiknya Anda ingat :
Anda dapat melakukan apa saja, asalkan anda mencurahkan energi yang diperlukan dan kemauan keras ke dalam pekerjaan itu. Ada suatu pekerjaan dan karier ideal yang menanti Anda. Anda harus mulai percaya bahwa itu ada.
Harus melakukan pekerjaan yang tidak menyenangkan untuk mendapatkan penghasilan adalah buah pikiran yang keliru. Cara satu-satunya untuk berbahagia dan mempunyai banyak uang adalah melakukan apa yang benar-benar Anda senangi. Hanya Anda sendiri yang dapat membentuk nasib anda dan melakukan apa yang Anda senangi apapun hambatannya.
Hambatan terbesar untuk sukses ada dalam diri anda. Apa yang menghalangi anda untuk mengerjakan apa yang Anda sukai adalah keyakinan Anda bahwa apa yang berlaku bagi orang lain tidak berlaku bagi Anda. Beranilah melakukan apa yang Anda inginkan. Buang rasa takut anda dan Anda akan berhasil.
VI. Selangkah Demi Selangkah
Sebuah pepatah Cina mengatakan ”perjalanan yang bermil-mil jauhnya, hanya dimulai dari satu langkah”. Tidak ada cara singkat untuk membagun pribadi yang sukses. Peningkatan kualitas kehidupan membutuhkan waktu, usaha serta pengalaman. Untuk itu, peningkatan harus dipandang sebagai proses seumur hidup. Tetapi yakinlah, selama kita melangkah meskipun hanya selangkah demi selangkah akhirnya kita akan sampai pada kemajuan yang berarti dalam kehidupan kita.
BONUS
Teknik Mempengaruhi Pikiran Untuk Segala Keperluan
1. Bayangkan wajah orang yang dituju, lihat titik antara kedua matanya. Fokuskanlah perhatian dan konsentrasi anda pada titik tersebut. Untuk tahap awal Fokuslah selama min 10 menit, jangan sampai bayangnya buyar. Saat itu juga berikan perintah berulang-ulang dalam hati “ jiwa dan ragamu kukuasai, kau harus tunduk dan patuh kepadaku, mulai sekarang Cuma aku yang ada di pikiran dan hatimu, cintailah aku dengan sepenuh hatimu “
2. Teruslah perintah tersebut diulang-ulang sampai anda betul-betul yakin dia sudah terpengaruh oleh perintah anda.
3. Pada teknikini kunci keberhasilannya adalah pada kontinuitas dan konsentrasi. Kontinuitas adalah dimana anda melakukanya secara teratur setiap hari dan konsentrasi adalah dimana anda bisa membayangkan wajahnya untuk beberapa saat tanpa buyar.
4. Jika anda telah merasa mampu, waktunya boleh ditingkatkan menjadi 15 menit atau lebih. Perintahnya bisa diubah-ubah menurut kebutuhan anda.
5. Teknik ini adalah teknik rahasia dari master hipnotis dari Amerika. Sangat efektif untuk mempengaruhi pikiran manusia.
Teknik Mempengaruhi Pikiran Supaya Orang Mau Melakukan Sesuatu Untuk Kita
1. Bayangkan wajah orang yang dituju, lihat titik antara kedua matanya. Fokuskanlah perhatian dan konsentrasi anda pada titik tersebut. Untuk tahap awal Fokuslah selama min 10 menit, jangan sampai bayangnya buyar. Saat itu juga berikan perintah berulang-ulang dalam hati “ jiwa dan ragamu kukuasai, kau harus tunduk dan patuh kepadaku, apapun yang saya minta langsung dipatuhi “
2. Teruslah perintah tersebut diulang-ulang sampai anda betul-betul yakin dia sudah terpengaruh oleh perintah anda.
3. Pada teknikini kunci keberhasilannya adalah pada kontinuitas dan konsentrasi. Kontinuitas adalah dimana anda melakukanya secara teratur setiap hari dan konsentrasi adalah dimana anda bisa membayangkan wajahnya untuk beberapa saat tanpa buyar.
4. Jika anda telah merasa mampu, waktunya boleh ditingkatkan menjadi 15 menit atau lebih. Perintahnya bisa diubah-ubah menurut kebutuhan anda.
5. Teknik ini adalah teknik rahasia dari master hipnotis dari Amerika. Sangat efektif untuk mempengaruhi pikiran manusia.
SELAMAT MENCOBA
Mengubah Nasib Dengan Program Alam Bawah Sadar
MAJALAH NIRMALA (OKTOBER 2007)
Ketika menghadapi kemelut kehidupan,sering kali kita tak berdaya,semua jalan terasa buntu,dan akhirnya putus asa.Padahal kita tidak perlu menjadi korban.Percaya atau tidak,sebenarnya kita dapat menciptakan sendiri semua yang kita inginkan.Bagaimana caranya?
Dalam setiap babak kehidupan,manusia selalu mengalami satu atau lebih peristiwa yang dapat ,menggoncang dan mengubah kehidupannya.Kebutuhan hidup yang begitu besar yang tak seimbang dengan pendapatan,kehilangan pekerjaan,konflik rumah tangga,perceraian,kematian pasangan hidup atau salah satu anggota keluarga yang dicintai,sakit parah berkepanjangan,kecelakaan yang menyebabkan cacat seumur hidup,dan berbagai krisis kehidupan lainnya,semua itu bisa membuat depresi bahkan mengguncang keimanan kita.
Jelas kita tidak merasa bahagia.Padahal menurut Erbe Sentanu,pendiri Katahati Institute,sebuah lembaga yang mengajarkan tehnik pemberdayaan pikiran dan perasaan,bahagia adalah fitrah manusia.Jika kemudian manusia merasa bahagia,itu karena manusia sudah keluar dari fitrahnya.Fitrah manusia yang sempurna sering dikacaukan dengan pesan-pesan ketidakmampuan yang datang dari lingkungannya.
Bahagia menurutnya adalah menerima apa yang sudah kita miliki.Ketika kita menolak yang terjadi pada diri kita,saat itulah ketidakbahagiaan akan muncul.
Lalu,haruskah kita pasrah pada nasib ketika hidup dirundung malang?Jawabannya:tidak!Sambil menerima yang sudah terjadi dengan ikhlas,kita tetap perlu ikhtiar,bersikap reaktif,juga antisipatif terhadap perubahan itu.Kita harusmenjadi subyek dari perubahan tersebut dan memiliki kendali penuh atas apapun yang terjadi dalam kehidupan kita.
Erbe Sentanu mengatakan,kita sebenarnya bisa mendapatkan apa yang kita inginkan.Lalu,Bagaimana caranya?
Kita bisa menggabungkan tehnik relaksasi,visualisasi,dan afirmasi dalam sebuah proses yang bertujuan menanamkan suatu realitas yang kita inginkan ke dalam pikiran atau alam bawah sadar.Dengan kata lain,kita bisa mempengaruhi alam bawah sadar untuk mewujudkan realitas baru yang kita inginkan tersebut.Misalnya,ketika kita ditimpa penyakit berat atau kehilangan pekerjaan,kita bisa menanamkan harapan baru sekaligus mewujudkannya,bahwa kita pasti sehat atau kita pasti mendapatkan pekerjaan baru yang lebih baik.Proses inilah yang disebut dengan pemprograman kembali alam bawah sadar (suconcious reprogramming ).
Mengapa Menggunakan Alam Bawah Sadar?
Yang menjadi pertanyaan,mengapa mengunakan alam bawah sadar?
Erbe Sentanu mengatakan,alam bawah sadar tidak pernah bisa membedakan antara imajinasi dengan kenyataan.Alam bawah sadar tidak pernah memiliki mekanisme untuk mengetahui hal-hal yang nyata ataupun tidak nyata.Kita bisa melihat contohnya dalam kasus berikut ini.
Pada tahun 1962,Majalah Kedokteran Kyushi keluaran Jepang melaporkan bagaimana system kekebalan anak-anak Jepang bereaksi terhadap Sesuatu yang mereka anggap nyata.Anak-anak itu setelah ditutup matanya di beritahu bahwa tanaman yang tengah digosok-gosokan ke lengan mereka adalah tanaman beracun,setelah itu ,mereka mengeluarkan reaksi-reaksi alergi yang keras pada lengan mereka,seperti pembengkakan,kulit menjadi kemerah-merahan dan gatal-gatal.
Namun ketika di beritahu bahwa yang digosokkan di tangan mereka adalaah zat yang tidak berbahaya,reaksi-reaksi tersebut tidak muncul.Nah.disitulah alam bawah sadar bekerja.ketika alam bawah sadar merekam bahwa tanaman itu beracun,maka reaksi yang dikelurkan pun seperti reaksi yang di keluarkan jika tanaman tersebut beracun,maka reaksi yang di kelurkan pun seperti yang di keluarkan jika tanaman tersebut beracun,walaupun sebenarnya tidak demikian. Karena itu,kita bisa memanfaatkan cara kerja alam bawah sadar untuk sesuatu yang menguntungkan.Kita bisa menanamkan program apapun kealam bawah sadar untuk mewujudkan segala sesuatu yang kita inginkan.
Dalam bukunya,Quantum Ikhlas,Mas Nunu,begitu sebutan akrab Erbe Sentanu,mengatakan bahwa pikiran tidak hanya terkait dengan pembagian otak secara fungsional yang terdiri dari otak kiri dan otak kanan,tetapi juga pembagian berdasarkan aspek kesadarannya.
Umumnya manusia hanya memanfaatkan pikiran sadarnya yang memiliki kekuatan hanya 12% dari keseluruhan kekuatan pikirannya.Pikiran sadar inilah yang biasa kita maksud ketika menyebut seseorang sedang menggunakan ‘ otaknya’.Sedangkan yang 88% lainnya merupakan kekuatan bawah sadar yang secara umum hanya muncul dalam bentuk “perasaan”nya.
Bayangkan,jika dengan 12 persen dari keseluruhan otak manusia saja banyak yang bisa dilakukan,bagaimana kalau kemampuan otak yang 88% itu bisa kita manfaatkan?Hasilnya tentu luar biasa.Seperti yang di ungkapkan Mas Nunu,kekuatan alam bawah sadar begitu besar,dan dapat dimanfaatkan untuk mencapai tujuan tiga sampai tujuh kali lebih cepat.
Kondisi Alpha=Gerbang Menuju Alam Bawah Sadar
Lalu,bagaimana caranya mengeksplorasi kekuatan alam bawah sadar tersebut?
Sebagai langkah awal,perlu dipahami kondisi otak manusia menurut gelombangnya.Ada empat katagori gelombang otak,yaitu beta,alpha,theta,dan delta.
Kondisi Beta ( 14-100 Hz ) adalah kondisi saat kita sepenuhnya sadar.Saat ini otak didominasi oleh logika.Saat seseorang berada di gelombang ini,otak kiri sedang aktif berfikir,konsentrasi,dan sebagainya,sehingga gelombang otaknya meninggi.
Kondisi yang paling penting untuk menembus pikiran bawah sadar adalah alpha ( 8-13,9 Hz ) dalam kondisi alpha kita bisa membuka pintu gerbang menuju 88% kekuatan alam bawah sadar.Kondisi alpha adalah kondisi yang sangat releks atau sama persis dengan kita berhayal dan melamun.
Kondisi theta ( 4-7,9 Hz ) adalah kondisi kita saat bermimpi.Pada saat ini,pikiran pun menjadi kreatif dan ispiratif.Dalam keadaan theta,pikiran menjadi sangat jernih,sangat khusuk,terjadi relaksasi yang dalam,dan saat ini indra keenam atau intuisi muncul.Yang membedakan kondisi alpha dengan theta adalah kesadaran kita.Pada kondisi alpha,kita masih merasakan anggota tubuh kita,sedangkan pada kondisi theta semua itu sudah tidak terasa lagi.
Sedangkan kondisi delta ( 0,1-3,9 Hz ) adalah kondisi pada saat manusia sedang tertidur pulas tanpa mimpi.Kondisi Delta di perlukan oleh tubuh,karena dalam kondisi itu tubuh aktif mengganti sel-sel yang rusak dan melakukan peremajaan terhadap sel-sel tubuh.
Lalu bagaimana caranya kita masuk kegelombang alpha?Cara yang mudah adalah membalikkan mata kita ke atas dan memejamkan mata,lalu pikiranpun membawa kita ke dalam kondisi alpha,melarutkan kita dalam suasana yang nyaman dan penuh kedamaian.
Kondisi alpha juga dapat dibangun melalui meditasi.Meditasi yang sempurna adalah kedua telapak tangan dibuka,pada saat itulah energi alam akan menyatu dan berputar dalam keseluruhan tubuh.Di tunjang musick indah dan syahdu,suasana akan tercapai.
Mas Nunu menawarkan cara mudah untuk masuk ke kondisi alpha,yaitu dengan menggunakan alat bantu yang disebut teknologi DigitalPleyer.Alat ini berupa CD brainware managemen ( pengaturan gelombang otak ) berisi suara-suara alam seperti air mengalir,gelombang samudra yang naik turun,atau kicau burung,semua itu telah diracik menggunakan teknologi audio yang khusus didesain untuk menghasilkan kondisi-kondisi otak dan kesadaran tertentu.Mendengarkan CD ini secara teratur bisa melatih otak untuk bekerja sama antara satu sisi dengan sisi lainnya,sehingga bisa memasuki kondisi alpha secara cepat.
Menggambarkan bayangan mental dengan visualisasi
Dalam praktiknya,visualisasi sebenarnya adalah proses menciptakan ide,bayangan mental,atau gambaran di lubuk hati kita yang paling dalam.Ini merupakan cara untuk bergerak memasuki tingkat kesadaran yang lain dan menanamkan gambaran yang kita inginkan.Misalnya,ketika kita sakit,kita membayangkan diri kita yang sehat dan bisa melakukan banyak aktifitas.
Pada pelaksanaannya,visualisasi harus didahului dengan relaksasi,karena hanya dengan cara inilah kita dapat menyentuh energi bawah sadar dengan kuat.Ketika kita berada dalam kondisi yang relaks dan hening secara mental,itulah saatnya kita menggunakan imajinasi untuk memvisualisasikan sesuatu yang kita inginkan.Semakin kuat keinginan kita,semakin focus energi yang kita arahkan ke bayangan mental,sehingga potensi untuk mewujudkan bayangan ke dalam realitas fisik akan lebih kuat.
Afirmasi atau self talk
Afirmasi di lakukan dengan mengucapkan suatu hal dengan penuh keyakinan terhadap diri sendiri ( self talk ) untuk mencapai tujuan tertentu,kemudian merasakan dan mewujudkannya.
Dalam pemprograman alam bawah sadar,ada beberapa kaidah yang mesti dipatuhi dalam melakukan afirmasi,yaitu menggunakan kalimat yang pendek dan jelas maksudnya.Kemudian diucapkan dengan bahasa yang positif,misalnya,”saya berani,”selanjutnya,dirumuskan dalam masa sekarang dan meyakini bahwa apa yang anda kehendaki itu pasti terlaksana.Dan yang terpenting,kalimat anda itu di ulang-ulang,untuk member waktu agar pernyataan anda tersebut meresap dan terekam kea lam bawah sadar kita.
Tambahkan emosi atau perasaan yang menyenangkan
Selain relaksasi,visualisasi,dan afirmasi,hal yang tak kalah penting dalam melakukan pemprograman kembali bawah sadar adalah keyakinan.
Agar proses pemprograman bawah sadar dapat lebih efektif,diperlukanemosi atau perasaan yang positif atau perasaan yang menyenangkan.Ketika kita inginkan,ciptakan sebuah rasa bahagia seolah-olah apa yang kita inginkan sudah tercapai.
Melakukan program alam bawah sadar ini dilakukan terus menerus,sedikitnya tiga kali sehari,masing-masing selama 20 menit sampai realitas yang kita harapkan tersebut terwujud menjadi kenyataan.
Sebelum kita mengawali tahapan program ulang (reprogramming) alam bawah sadar,kita perlu menentukan terlebih dulu realitas/target yang kita harapkan secara jelas.Selanjutnya,cari tempat nyaman untuk melakukan proses ini.Pilih tempat yang sunyi yang tidak banyak ganguan.Kita harus berada dalamkeadaan yang sangat releks.Jika perlu,lakukan dulu latihan ringan untuk melepaskan atau merenggangkan otot-otot kita.Setelah itu lakukan visualisasi dan afirmasi.
LANGKAH-LANGKAH SUBCONSCIOUS REPROGRAMMING
1.Duduk atau berbaring dengan nyaman dan relaks.Pejamkan mata,kalau perlu diiringin music yang lembut yang membuat anda sangat relaks dan semua beban anda terlepas.Atau gunakan CD ala Mas Nunu.tarik napas panjang dan dalam.Rasakan udara dingin memasuki yang seluruh tubuh dengan lobang hidung.Secara perlahan anda memasuki kondisi gelombang otak alpha.Nikmati keadaan ini beberapa saat.
2.Kemudian ucapkan dalam hati afirmasi yang sudah anda buat,Misalnya,”Saya sembuh total dan saya bisa beraktifitas dengan bebas.”
3.Kemudian visualisasikan keadaan atau tujuan yang anda harapkan tersebut kedalam layar mental anda.Bayangkan anda sudah sehat dan melakukan berbagai aktifitas.Gambarkan dengan jelas sehingga anda benar-benar dapat melihat diri anda sendiri dalam pikiran anda.
4.Sambil membayngkannya,tambahkan suasana hati atau perasaan positif yang anda miliki ketika tujuan itu tercapai.Hati anda di penuhi rasa senang,bahagia,dan syukur.Ambil napas panjang dan dalam,nikmati perasaan itu.Nikmati gambaran visual dan perasaan hati yang menyertai suasana tersebut.
5.Setelah itu hitunglah secara perlahan dari 5,4,3,2,1 sambil menarik napas yang panjang dan dalam pada saat hitungan.Setelah itu,bukalah mata anda.
Jika prose situ terjadi kurang dari 20 menit.ulangi beberapa kali lagi sampai mencapai sekitar 20 menit.Lakukan terus secara tekun.Perlu diingat,semuanya memerlukan proses dan waktu yang cukup untuk tumbuh dan terwujud menjadi realitas baru yang kita harapkan.Selamat mencoba.
Sukses Dengan Indera Keenam
Cara Mengatasi Minder
Oleh: Mario Gagho Minder, semua orang tahu maknanya, adalah sikap yg manusiawi. Semua orang memiliki sikap dan perasaan ini dg level yg berbeda. Minder adalah manusiawi, akan tetapi menjadi tidak manusiawi lagi ketika kita tidak berusaha untuk menghilangkan sikap dan perasaan minder ini tahap demi tahap................ Sikap dan rasa minder timbul pada hal dan bidang tertentu yg kita merasa tidak mampu atau merasa lemah dari ukuran standar umum atau ideal. Seorang pemuda yg pendek akan merasa minder untuk mengajukan "proposal" pada gadis idamannya yg ternyata lebih tinggi. Lelaki yg berwajah jelek merasa minder pada wanita yg berwajah sangat cantik yg ditaksirnya, dst. Itu minder yg bersifat fisik. Sedang yg bersifat non-fisik lebih berkaitan dg sikap mental dan pola pikir kita dalam menilai diri sendiri, dalam menilai kemampuan diri. Pada sosok pribadi yg memiliki sifat minder non-fisik yg ekstrim, biasanya dia akan merasa tidak memiliki kemampuan sama sekali, merasa orang lain jauh lebih mampu darinya, dll. Sehingga tipe semacam ini tidak akan bisa bersikap independen dan memiliki ketergantungan yang besar pada orang lain di sekitarnya. Ketergantungan pada orang lain itu akan semakin mengecil bersamaan dg semakin kecilnya
keminderan kita pada kemampuan kita sendiri. Minder adalah tipikal orang yg bermental lemah. Mental yg lemah akan merasa selalu tidak aman. Selalu gelisah dan kuatir. Karena kerja otak sudah dipenuhi dg rasa kuatir, takut dan gelisah tanpa sebab atau disebabkan oleh hal-hal kecil, maka kerja otakpun menjadi lemah dan tidak dapat berfungsi untuk memikirkan hal-hal besar yg bermanfaat buat diri sendiri dan orang lain. Oleh karena itu, minder harus sebisa mungkin dihindari dan dicari jalan keluarnya dalam rangka mengubah pribadi kita menuju kepribadian yg self-esteem (baca: self estiim). Suatu tipe kepribadian yg dimiliki orang-orang besar, tokoh-tokoh besar dunia, para pemikir internasional. Self Esteem Dapatkah seorang yg berkepribadian minder (low self- esteem) yg parah dapat menjadi profil yg penuh self esteem? Tentu bisa. Dg bekal kemauan kuat untuk berubah, banyak bergaul dg berbagai kalangan, banyak membaca profil tokoh-tokoh besar, dan membaca berbagai buku-buku yg memberi solusi mengatasi keminderan, dll. Salah satu tip menuju pribadi yg self esteem adalah sbb: 1. Hadapi rasa takut, jangan dihindari, toh ia tidak akan berakibat seburuk yg anda kira. Melawan rasa takut akan menambah percaya diri anda.
2. Lupakan kegagalan masa lalu - belajarlah dari kesalahan itu tetapi janganlah mengira sesuatu itu salah sebelum ia akan terjadi lagi. Hindari membuat kesalahan yg sama tetapi jgn membatasi diri anda dg mengira bahwa anda gagal sebelumnya sehingga tidak akan bisa berhasil kali ini. Coba lagi, maka anda akan menjadi lebih bijak dan lebih kuat. Jangan terperangkap pada masa lalu. 3. Ketahui apa yg anda mau dan usahakan mendapatkannya. Anda berhak mendapatkan mimpi anda menjadi kenyataan. 4. Hargai diri sendiri bila anda telah berhasil dalam berbuat sesuatu. Bila tidak mengapa orang lain mesti menghargai anda? Bukankah akan lebih mudah apabila anda membantu dan menghargai diri sendiri? 5. Berbicaralah pada orang lain - Kita sering membuat asumsi tentang situasi atau seseorang yg tidak benar. Sikap dan pola pikir negatif kita dapat berdampak negatif pula pada diri sendiri. Karena itu bila anda merasa ragu maka bertanyalah dan jangan berasumsi bahwa anda tau mengapa dan bagaimananya. 6. Bila anda gagal maka pola pikir terpenting adalah jangan merasa kalah. Terima kegagalan itu, pelajari, dan cobalah hal dan cara lain. Anda tidak akan dikalahkan oleh satu kegagalan bukan? Apa yg dibutuhkan adalah pendekatan yg berbeda dalam mencapainya.
Self-esteem merupakan sikap jalan tengah (middle path). Ia berada di antara dua ektrimitas sikap "anti-sosial": minder dan sombong. Jadi, seorang dg self-esteem sempurna tidak akan minder atas kekurangan yg dimiliki, tapi juga tidak akan sombong pada kelebihan yg disandang. Ia akan merasa "bebas" untuk bergaul dg siapa saja; tanpa memandang .................. kelebihan/kekurangan materi, tanpa melihat kelebihan/kekurangan fisik, tanpa peduli dg kelebihan/kekurangan jabatan/titel rekan bergaulnya. Pelaku self-esteem akan menghargai seseorang dari segi kemanusiaannya: bahwa setiap orang diciptakan sama dan patut mendapat respek yg tidak beda. Dg demikian, seorang diplomat dg self-esteem tinggi akan dg mudah bergaul dg sesamanya; sama mudahnya dg ketika ia bergaul dg lokal staf dan rakyat jelata yg miskin papa dan berbaju lusuh. Begitu juga, seorang mahasiswa/rakyat biasa akan merasa "biasa-biasa saja" ketika bergaul dg pejabat tinggi, kalangan pebisnis, dan tokoh-tokoh besar. Sama biasanya dg ketika ia bergaul dan berbicara dg seorang gelandangan atau tukang becak. Karena kepribadian dg tipe ini selalu menghormati orang karena "manusia"-nya, bukan karena jabatan, titel, atau penampilan fisiknya. Dg kata lain, perilaku self-esteem akan menempatkan kata "martabat dan gengsi" pada makna yg riil, bukan makna
yg artifisial. Di India, saya melihat Bapak Uton Rifai, mantan direktur WHO (world health organisation) Asia-Pacific bisa menjadi contoh tokoh besar yg memiliki self-esteem tinggi. Beliau bisa akrab dg siapa saja: dari mulai kalangan pejabat nasional maupun internasional sampai dg kalangan kami-kami, para mahasiswa India yg dikenal sebagai mahasiswa miskin dan "tidak perlente" (setidaknya demikian gumaman "ringan" sebagian kalangan diplomat yg tak perlu saya sebut namanya di sini). Pak Uton, demikian kami biasa memanggil, di sela-sela aktivitas internasionalnya yg super sibuk, sering mengundang kami untuk sekedar ngobrol, membagikan majalah terbitan Indonesia, memberi nasihat dan wawasan dan berbagi pengalaman. Beliau sering cerita banyak hal; dari pertemuannya dg berbagai tokoh dunia, trik-trik melobi tingkat tinggi, sampai perkembangan mutakhir pergeseran politik nasional/internasional. Kalau kita membaca profil/biografi tokoh-tokoh besar kita yg berlevel internasional seperti Bung Karno (Penyambung Lidah Rakyat Indonesia as told to Cindy Adams, Gunung Agung, 1990), Prof.Dr. Buya Hamka (Pribadi, pustaka Panjimas, 1990); KH Abdurrahman Wahid (Bunga Rampai Pesantren, 1989); dll., maka kita akan melihat pakem (pattern) gaya hidup dan gaya bergaul yg hampir sama: populis/egalitarian/merakyat, rendah hati, kemauan tinggi, percaya diri tinggi.
Ciri-ciri sosok self-esteem yg ideal. Dari sekian banyak buku-buku biografi/otobiografi tokoh besar yg pernah saya baca, otobiografi Buya Hamka adalah yg paling menarik dan berkesan . Apa yg menarik adalah karena dia memulai semuanya dari nol. Hamka muda mengawali masa remajanya dg tidak menyenangkan: ia terkena cacar, sehingga merasa kurang pede untuk mendekati sang gadis pujaan. Mindernya juga berkaitan dg hal-hal lain, seperti dalam pergaulan, tampil di muka umum, dll. Tapi ada satu hal yg membuatnya lain: kemauan tinggi untuk berubah dan determinasi tinggi untuk maju. Dari kedua poin ini dia melangkah. Dan sukses besar. Hamka kemudian menjadi orang pertama yg mendapat gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Al Azhar, Mesir karena berbagai karya buku-bukunya yg brilian. Ia kemudian mendapat gelar Doktor dari sebuah universitas Malaysia karena karya penelitiannya yg orisinal dan langka tentang perkembangan sastra melayu.Ia juga menjadi andalan rezim Sukarno/Suharto untuk berkomunikasi dg kalangan pejabat Timur Tengah. Walaupun dia tidak memiliki jabatan formal apapun di pemerintahan. Buku-buku karyanya banyak, lebih dari 200-an buku telah ditulisnya. Dalam masyakarat, ia juga menjadi tokoh yg dihormati rakyat karena merakyatnya; disegani pejabat karena ketegasan prinsipnya. Waktu menjadi ketua MUI (majelis ulama indonesia), ia tidak mau
digaji, dan mengundurkan diri karena merasa ditekan. Dan, sekedar Anda tahu, semua pencapaian intelektualnya itu dicapainya tanpa melalui pendidikan formal. Modalnya cuma satu: determinasi tinggi dan keyakinan kuat bahwa siapapun akan dapat mencapai mimpinya asal kerja keras: tidak banyak buang waktu, tabah, banyak membaca dan berkarya. Salah satu sikap self-esteem yg patut ditiru oleh kita, mahasiswa/masyarakat/alumni India. Ditiru dan diteladani oleh kita. Dari sekarang.
ILMU PELET MODERN (dengan teknik self hypnosis)
Ada dua cara yaitu
Cara yang ke-1:
Siapkan kertas HVS ukuran A4 dan tuliskanlah “ mulai detik ini saya sangat mempesona, setiap pria/wanita yang menatap saya atau berdekatan dengan saya akan terpesona pada saya” lalu bacalah 10x dengan suara lirih tetapi masih bisa dingengar sendiri. Segeralah tidur. Usahakan setelah membaca tulisan tersebut hindari berbicara dengan orang lain. Ingat !! harus langsung tidur !!
Lakukan selama 21 hari pada malam sebelum tidur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEMOGA SELALU MANTAP BOS