DENGAN SEMANGAT HARI PAHLAWAN
 " LAWAN NARKOBA DENGAN BERPRESTASI "

Sabtu, 07 Januari 2012

CARA ATASI STRES

PENDAHULUAN
Memang tuntutan hidup saat ini mengharuskan kita berpikir dan bekerja keras. Dengan semakin meningkatnya aktivitas pekerjaan sehari-hari seringkali membuat kita sering stres. Stres yang berlarut-larut dapat mengakibatkan sakit jantung dan menyumbat arteri. Penelitian menunjukkan bahwa hormon stres dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga membuat kita lebih mudah terserang penyakit, seperti flu dan demam. Banyak penyakit yang berhubungan dengan stres, mulai dari mag dan demam tinggi sampai asma dan kanker. Bahkan, stres dapat memperburuk penurunan daya ingat seiring dengan bertambahnya usia.

Apa yang “dilakukan” Stress Pada Tubuh Kita?
Stres adalah sebuah respon alami dari tubuh dan jiwa kita ketika mengalami tekanan dari lingkungan. Dampak dari stres pun beraneka ragam, dapat mempengaruhi kesehatan mental maupun fisik namun juga ada dampak positifnya (eustress).
Berikut adalah dampak-dampak stres yang sebaiknya Anda tahu.
Dampak Positif Kobarkan Semangat!
Dampak stres yang satu ini justru sangat penting untuk menjaga keseimbangan tubuh.. Eustress adalah dampak positif stres yang membuat Anda menjadi bersemangat saat dihadapkan pada suatu kasus atau persoalan yang menantang. Kreativitas Anda bisa terstimulasi. Contohnya, saat desainer harus menyelesaikan sebuah rancangan yang sudah mendekati deadline, ia akan mengerahkan seluruh kemampuan dan kreativitasnya sampai rancangannya selesai dengan sempurna!.
Stres Kronis Picu Tindakan Ekstrim
Stres berkepanjangan akan menyebabkan ketegangan dan kekhawatiran yang terus-menerus. Menurut istilah psikologi, stres berkepanjangan ini disebut stres kronis. Stres kronis sifatnya menggerogoti dan menghancurkan tubuh, pikiran dan seluruh kehidupan penderitanya secara perlahan-lahan. Akibatnya, si penderita akan terus-menerus merasa tertekan dan kehilangan harapan. Tidak heran jika para penderita stres kronis akhirnya mengambil keputusan untuk bunuh diri, atau meninggal karena serangan jantung, stroke, kanker, atau tekanan darah tinggi. Jadi, amatilah diri Anda, apakah Anda termasuk orang yang suka membiarkan masalah tanpa mencari jalan keluar yang positif ? Berhati-hatilah akan konsekuensi yang bakal Anda hadapi !

Orang Stres Lebih Sensitif
Orang yang sedang stres akan lebih sensitif dibandingkan orang yang tidak dalam kondisi stres. Oleh karena itulah, seseorang yang stres sering menyalahartikan apa yang terjadi pada dirinya. Bisa salah persepsi, salah membaca dan mengartikan suatu keadaan, pendapat atau penilaian, kritik, nasihat, bahkan perilaku orang lain.
Selain itu, orang stres cenderung mengaitkan segala sesuatu dengan dirinya. Akibatnya, ia lebih banyak menarik diri dari lingkungan, tidak lagi mengikuti kegiatan yang biasa dilakukan dan mudah emosi. Tidak heran kalau akibat dari sikapnya ini mereka dijauhi teman-temannya. Respon negatif ini akan semakin menambah beban yang dideritanya karena persepsi yang selama ini ia bayangkan ternyata benar.

Pengaruhnya untuk Kesehatan
Memicu sakit jantung
Dalam jangka panjang, stres yang tidak terkendalikan akan memicu naiknya tekanan darah sehingga risiko terkena serangan jantung meningkat. Stres juga dapat menaikkan kadar kolesterol dalam darah. Kondisi ini yang membuat pembuluh arteri tersumbat sehingga penderitanya rentan terhadap serangan jantung atau lazim kita kenal dengan stroke.
 • Menyebabkan tubuh gampang lelah dan tak bertenaga. Ini karena hormon serotonin dan melatonin terganggu saat tubuh sedang stres. Perlu Anda tahu, kedua hormon ini memegang peran utama untuk membantu kita tidur nyenyak. Kondisi sulit tidur akan memicu naiknya hormon kortisol dalam tubuh. Akibatnya, mata sulit dipejamkan alias insomnia.
 • Menimbulkan gangguan lambung seperti sakit maag.
Sakit maag muncul karena produksi asam lambung berlebih. Nah, saat Anda stres, tubuh akan memroduksi asam lambung dalam jumlah di atas normal dan juga mengikis lapisan lambung atau mukosa, yang pada akhirnya menimbulkan rasa
perih, yang kita kenal sebagai sakit maag.
Jelas bahwa stress dapat menimbulkan penyakit yang berbahaya bagi tubuh kita. Karena itu anda perlu menangani stress anda secepat mungkin.
TIPS-TIPS MENGATASI STRESS
Berikut ini ada tip-tips yang anda dapat praktekan ketika anda mengalami stress. Tips-tips ini sangat ampuh. Dan karena itu anda harus mempraktekannya menurut situasi stress yang anda alami.
1. Aturlah waktu kerja Anda dengan bijak Aturlah waktu Anda di kantor berdasarkan kebutuhan Anda. Karena Anda tentu tahu kapan waktu untuk bekerja keras dan kapan waktu beristirahat dan santai. Saatnya kerja tentu Anda harus konsentrasi kerja. Dan waktu untuk bersantai,
Anda pun harus santai. Sehingga Anda nggak akan stres hanya karena memikirkan pekerjaan.
2. Diam sejenak
Satu kali dalam sehari, luangkan lima sampai sepuluh menit untuk duduk dengan tenang tanpa melakukan apapun. Pusatkan perhatian pada suara-suara di sekitar Anda, rasakan suasana hati Anda, dan regangkan otot-otot leher, bahu, tangan, kaki, dada, dan lainnya.
3. Terapi Warna
Beberapa orang mengatakan warna-warna teduh bisa membuat orang rileks. Duduk tenang dalam sebuah ruangan kosong penuh warna biru muda. Jika tidak ada ruangan kosong, maka pejamkan mata dan bayangkan Anda menggambar dengan suatu warna sambil menarik dan menghembuskan nafas secara perlahan.
4. Tertawalah sepuasnya
Simpanlah hal-hal kecil yang dapat membuat Anda tertawa. Buku komik favorit atau voice mail lucu dari anak maupun teman Anda, misalnya.
Tak ada salahnya meluangkan waktu untuk menonton sitkom kegemaran Anda. Cara ini bisa Anda  lakukan berulang kali setiap Anda membutuhkannya.
 5. Putar Musik Favorit
Musik juga dapat mempengaruhi suasana hati. Putarlah musik-musik ringan seperti musik klasik, country, jazz, atau musik lain kesukaan Anda, saat menghadapi tugas-tugas yang berat. Di tempat kerja, Anda pun bisa mendengarkan musik melalui CD ROM. Jalanan macet ? Santai saja. Daripada marah-marah, lebih baik putar musik. Gampang kan?
6. Visualisasi yang Menyenangkan
Bayangkanlah wajah si dia atau hal yang paling Anda sukai selama 15 detik sampai lima menit. Boleh juga memikirkan
rencana liburan yang mengasyikan. Membayangkan hal-hal yang membuat Anda bahagia dan berpikir positif juga ampuh untuk mengusir stres.
7. Jalan-jalan Dulu
Bangunlah dari sofa dan tinggalkan sejenak meja kerja Anda. Langkahkan kaki untuk berjalan-jalan selama 10 menit.
8. Atur Napas
Secara perlahan-lahan, bernapaslah dalam-dalam sebanyak enam kali dalam satu menit. Dengan kata lain, ambil napas selama lima detik, lalu lepaskan selama lima detik berikutnya. Lakukan selama lima menit.
9. Relaksasi
Sebelum tidur dan saat bangun keesokan harinya, luangkan waktu lima menit untuk melakukan relaksasi. Mulailah dengan menegangkan jari-jari kaki, lalu lemaskan. Lanjutkan pada otot-otot kaki, betis, paha, pantat, dan terus ke atas.
Terakhir, lakukan senam wajah untuk melemaskan otot-otot muka.
Ketika kita dihadapi oleh berbagai masalah yang membuat kepala kita pusing, adalah wajar jika kita membutuhkan seseorang untuk berbagi. Selain bisa merasa lebih lega, mungkin saja ia bisa membantu kita memberikan solusi. Tetapi sering pula kita mengalami kesulitan mengungkapkannya, dan alih-alih yang muncul adalah airmata atau menangis...
Menurut Dr William Frey dari Minnesota, menangis dapatmembuat seseorang merasa lebih baik karena airmata yangkeluar berfungsi menghapus ketegangan syaraf pada tubuh,yang salah satu penyebabnya adakah stres, karena terbebanmasalah. Air mata itu sendiri sebenarnya terbagi dua :  
Menurut Dr William Frey dari Minnesota, menangis dapat membuat seseorang merasa lebih baik karena airmata yangkeluar berfungsi menghapus ketegangan syaraf pada tubuh,yang salah satu penyebabnya adakah stres, karena terbebanmasalah. Air mata itu sendiri sebenarnya terbagi dua : 
Alasan lain kenapa orang merasa lebih baik menangis saat emosional adalah, karena air mata yang keluar mengandung lebih banyak protein termasuk hormon penyebab stress. Dengan aktivitas menangis ini, air mata yang keluar akan menstimulasikan produksi hormon endorphin, sehingga muncullah rasa lebih baik pada diri kita.. 
Menyadari fungsi airmata, tak heran para psikolog merekomendasikan 'menangis' sebagai langkah awal untuk memulai penyembuhan stress Anda. Jadi jika memang Anda merasa tidak sanggup menahannya, menangislah…itu akan melegakan Anda! 


Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEMOGA SELALU MANTAP BOS